Hasibuan, Galuh Ananda (2023) Resiliensi Anak Korban Kekerasan dalam Rumah Tangga. [Undergraduate thesis]
PDF
K-1036_Abstrak.pdf Download (36kB) |
Abstract
Kekerasan dalam rumah tangga tidak hanya terjadi pada pasangan namun juga pada anak. Kekerasan pada anak sering digunakan sebagai cara mendisiplinkan perilaku anak. Dari dampak yang ada, anak dengan resilien yang baik dapat bertahan sedangkan anak yang tidak resilien akan sulit bertahan karena dampak yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana resiliensi pada anak korban kekerasan yang telah berhasil keluar dari pengalaman buruk sehingga bisa menjadi resilien. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan paradigma fenomenologi interpretatif. Penelitian ini menggunakan wawancara semi terstruktur dan melibatkan dua orang informan berusia 24 tahun (perempuan) dan 26 tahun (laki laki) tinggal di kota Surabaya. Informan yang diteliti menerima kekerasan fisik, kekerasan verbal, juga kekerasan sosial dari Orangtua. Analisis penelitian ini menggunakan metode analisis tematik. Masing-masing informan memiliki strategi untuk menjadi resilien, namun tidak semua dapat sepenuhnya jadi resilien karena keterbatasan kemampuan diri yang dimiliki serta dampak yang menjadi faktor risiko dan sulit di atasi. Berbeda dengan D, M masih memiliki faktor risiko yang belum bisa dilawan dan di hadapi. Dapat disimpulkan beberapa faktor protektif mendominasi faktor risiko yang dimiliki sehingga informan menjadi resilien. Namun, dari hasil penelitian bisa dilihat D memiliki strategi resilien lebih banyak di bandingkan M.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Resiliensi, Kekerasan Anak, Faktor Protektif, Faktor Risiko, |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | BAMBANG SEPTIAWAN |
Date Deposited: | 12 Jun 2023 04:29 |
Last Modified: | 12 Jun 2023 04:29 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/44272 |
Actions (login required)
View Item |