Analisis Strategi Pemasaran pada Usaha Mikro dan Menengah pada Era Digital di Kota Probolinggo

Farkhah, Melania Saniatu and Wibowo, Joshi Maharani (2023) Analisis Strategi Pemasaran pada Usaha Mikro dan Menengah pada Era Digital di Kota Probolinggo. JSMA (Jurnal Sains Manajemen & Akuntansi), 15 (1). pp. 104-115. ISSN 2085-8426 (print), e-ISSN: 2715-520X (online)

[thumbnail of 121-Article Text-690-1-10-20230426-1.pdf] PDF
121-Article Text-690-1-10-20230426-1.pdf - Published Version

Download (194kB)
Official URL / DOI: https://ojs.stan-im.ac.id/index.php/JSMA/article/v...

Abstract

Saat ini teknologi semakin maju dan berkembang, serta persaingan antar perus- ahaan semakin meningkat. Pelaku UMKM harus memiliki strategi pemasaran untuk mengembangkan usahanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa banyak UKM di Kota Probolinggo yang masih memasarkan secara tradisional dan me- mahami strategi pemasaran online pelaku UMKM untuk meningkatkan kualitas sumber daya dan mengembangkan usahanya agar pelaku UMKM dapat menjangkau konsumen dalam skala yang lebih besar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluasi deskriptif dengan menggunakan metode pengumpulan data secara langsung dan sekunder. Mengumpulkan informasi secara langsung melalui wawancara, observasi dan kuesioner. Pengumpulan data sekunder menggunakan kajian literatur, dokumentasi dan informasi dari organisasi dan instansi terkait. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data usaha mikro. Jumlah tersebut meliputi UKM di Kota Probolinggo, dan ada 100 UKM di Kota Probolinggo. Hasil kajian menunjukkan bahwa pada tahun 2022, banyak pengusaha yang masih menghadapi kendala karena kurangnya sumber daya manusia yang terampil, beberapa pengusaha juga akan menghadapi keku- rangan modal usaha, dan banyak pengusaha masih belum menggunakan media sosial untuk melakukan pemasarannya. Produk dan mempromosikan produk untuk men- dukung bisnis mereka. Dampak perkembangan UKM dengan strategi pemasaran offline dan online memperluas sasaran pemasaran UKM tersebut.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pemasaran, UMKM
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Economic
Depositing User: JOSHI MAHARANI WIBOWO
Date Deposited: 14 Jun 2023 04:44
Last Modified: 14 Jun 2023 04:44
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/44284

Actions (login required)

View Item View Item