Persepsi Stakeholder Dan Produsen UMKM Tentang Rebranding: Studi Kasus Penciptaan Logo “Dolly Saiki Point”

Setyawan, Jefri and Cintya, Hedi Amelia Bella and Wibowo, Joshi Maharani and Iswadi, Hazrul (2023) Persepsi Stakeholder Dan Produsen UMKM Tentang Rebranding: Studi Kasus Penciptaan Logo “Dolly Saiki Point”. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 4 (1). pp. 883-889. ISSN 2722-936X e-ISSN: 2722-9394

[thumbnail of 525-Article Text-926-1-10-20230609.pdf] PDF
525-Article Text-926-1-10-20230609.pdf

Download (383kB)
Official URL / DOI: https://jabb.lppmbinabangsa.id/index.php/jabb/arti...

Abstract

Lokalisasi terbesar di Asia Tenggara, Gang Dolly, telah ditutup oleh Pemerintah kota Surabaya. Di tahun 2017 Pemerintah Kota Surabaya meluncurkan DS (Dolly Saiki) Point, sebagai sentra produk UMKM kawasan Dolly untuk memulihkan sektor ekonomi masyarakat. Sudah lima tahun berjalan, masih terdapat kendala dalam memaksimalkan potensi yang ada. Kendala tersebut yaitu sulitnya sentra untuk dikenal masyarakat, rendahnya frekuensi masyarakat yang mengakses ke DS Point dan masih belum dikenalnya DS Point sebagai sentra oleh-oleh Kota Surabaya. Transformasi Gang Dolly yang berlangsung sejak penutupan lokalisasi masih membutuhkan branding bagi pelaku UMKM yang tumbuh di sana. Salah satu bentuk penciptaan branding yang dapat dilakukan di Gang Dolly adalah memperbaiki elemen promosi pada sentra DS Point yaitu logo. Pengabdian ini melibatkan para pemangku kebijakan terkait di tingkat Kota Surabaya, institusi pendidikan dan pelaku UMKM. Metode pengabdian ini menggunakan focus group discussion, wawancara dan observasi. Hasil proses rebranding DS Point dijelaskan melalui empat tema, yaitu: 1) Kendala antar stakeholder dalam branding UMKM; 2) Logo sebagai pintu masuk pengenalan produk; 3) Sejarah kawasan sebagai unsur pembentuk logo; dan 4) Psikologi warna sebagai daya tarik logo. Program pengabdian menghasilkan luaran dan rekomendasi yang diulas pada bagian hasil dan pembahasan pada artikel ini.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: persepsi, branding, logo, UMKM
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: JOSHI MAHARANI WIBOWO
Date Deposited: 14 Jun 2023 04:56
Last Modified: 14 Jun 2023 04:56
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/44285

Actions (login required)

View Item View Item