Perlindungan Hukum bagi Konsumen yang Mengkonsumsi Produk Kopi Cleng yang Mengandung Bahan Kimia Obat (paracetamol dan Sildenafil Citrate)

Abdullah, Farhana Yahya (2022) Perlindungan Hukum bagi Konsumen yang Mengkonsumsi Produk Kopi Cleng yang Mengandung Bahan Kimia Obat (paracetamol dan Sildenafil Citrate). [Undergraduate thesis]

[thumbnail of AN_842_Abstrak.pdf] PDF
AN_842_Abstrak.pdf

Download (46kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/267465

Abstract

Kebutuhan manusia atas produk kopi olahan kini meningkat, baik kopi bahan mentah maupun bahan jadi, dengan harga dan kemasan yang menarik. Masyarakat perlu hati-hati dalam memilih produk yang akan dikonsumsi. Produk yang mengandung bahan berbahaya akan memberikan dampak bagi kesehatan. Cara paling mudah adalah dengan membaca label yang melekat pada kemasan produk. Penelitian ini dilakukan dengan metode statue approach dan conceptual approach. CV. Jamu Moro Sehat yang memproduksi Kopi Cleng dalam penelitian ini melanggar kewajiban sebagai pelaku usaha dengan mencantumkan Nomor POM RI MD 249913101179 yang tidak terdaftar dan penggunaan Bahan KImia Obat Paracetamol dan Sildenafil Citrate pada produk Kopi Cleng yang diproduksinya. Akibat dari perbuatan pelaku usaha tersebut konsumen Kopi Cleng mengalami keracunan bahkan kematian. Bentuk perlindungan hukum bagi konsumen terhadap produk kopi cleng yang mengandung BKO, dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu secara preventif dan represif. Perlindungan hukum secara preventif. Dan upaya hukum yang dapat dilakukan oleh konsumen Kopi Cleng dapat menggugat ganti rugi berdasarkan Pasal 1365 KUHPerdata atas dasar perbuatan melanggar hukum.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Konsumen, Kopi dan Bahan Kimia Obat
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Perpustakaan UBAYA
Date Deposited: 23 Jun 2023 02:52
Last Modified: 23 Jun 2023 02:52
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/44337

Actions (login required)

View Item View Item