Lauwmato, Eddy (2000) Analisis Ergonomi di Lapangan Parkir Mobil Universitas Surabaya, Tenggilis. [Undergraduate thesis]
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Lapangan parkir kendaraan bermotor Universitas Surabaya (UBAYA)kampus Tenggilis yang terletak di depan SMUN XIV merupakan fasilitas yangdisediakan pihak universitas bagi mahasiswa-mahasiswi UBAYA. Selain itu disediakannya lapangan parkir tersebut untuk menunjang pelaksanaan perkuliahan di UBAYA. Namun keberadaannya memerlukan penelitian secara mendalam. Penelitian yang mendalam dimaksudkan untuk mengetahui variabel-variabel yang penting dalam merancang suatu lapangan parkir mobil dengan pendekatan ergonomi, bukan berdasarkan pandangan teknis dari perancang, namun dimulai dari mahasiswa-mahasiswi pengguna lapangan parkir mobil UBAYA (LPMU)dan karyawan LPMU. Penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa-mahasiswi pengguna LPMU dan melakukan wawancara dengan petugas loket karcis. Metode analisis yang dipakai dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif urtuk mengetahui harapan dan persepsi pengguna LPMU, analisis gap uuntuk mengetahui variabel apa yang perlu diprioritaskan agar dapat merancang LPMU dengan pendekatan ergonomi, analisis uji beda mean untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan persepsi antara pengguna LPMU yang parkir di blok B yang berlainan dan apakah terdapat perbedaan persepsi antara pengguna LPMU yang memakai dan yang tidak memakai alat bantu mata. Sedangkan hasil wawancara dengan petugas loket karcis LPMU digunakan sebagai landasan untuk dapat merancang loket karcis LPMU dengan pendekatan ergonoml. Dari analisis-analisis di atas diperoleh hasil bahwa ada selisih antara tingkat harapan dan persepsi pengguna LPMU terhadap keduapuluh variabel yang diteliti, ada tujuh variabel (tanda, tdkpns, letak, warna, mudah, standar, jelas) yang perlu diprioritaskan agar dapat melakukan rancangan perbaikan LPMU, adanya perbedaan persepsi variabel timbun antara pengguna LPMU yang parkir diblok A dan C, adanya perbedaan persepsi variabel petugas antara pengguna LPMU yang parkir di blok C dan pengguna LPMU yang parkir di blok A dan B, tidak ada perbedaan persepsi antara pengguna LPMU yang memakai dan yang tidak memakai alat bantu mata. Sedangkan hasil dari wawancara dengan petugas loket karcis adalah keluhan-keluhan mereka serta penyebabnya tentang loket karcis dan saran-salan mereka untuk perbaikan loket karcis
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 27 Aug 2013 06:10 |
Last Modified: | 27 Aug 2013 06:10 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/4434 |
Actions (login required)
View Item |