Sudibyo, Irene Eunike (2023) Motivasi Akademik Generasi Y vs Generasi Z. [Undergraduate thesis]
PDF
ED_607_Abstrak.pdf Download (76kB) |
Abstract
Generasi merupakan hal yang melekat di kehidupan manusia, termasuk mahasiswa pada Generasi Y dan Generasi Z. Adanya ragam generasi ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Generasi pada mahasiswa juga memiliki pengaruh dalam bidang akademik, tentunya hal tersebut berkaitan juga dengan motivasi. Motivasi akademik merupakan alasan perilaku seseorang pada tujuannya terutama di bidang akademik. Generasi Y dan Generasi Z tumbuh di lingkungan yang berbeda. Perkembangan dunia ini juga memiliki perubahan di bidang akademik. Terlihat bahwa terdapat fluktuasi rata-rata IPK antar generasi sehingga dirumuskan dalam penelitian ini untuk mengetahui perbedaan motivasi akademiknya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan data sekunder dari database dosen. Populasi yang digunakan merupakan mahasiswa Generasi Y menggunakan mahasiswa angkatan 2009 hingga 2014 dan Generasi Z dengan Angkatan 2016 hingga 2020. Penelitian ini dilakukan tanpa membatasi asal fakultas dan universitas. Uji yang dilakukan untuk mengetahui hipotesis pada penelitian ini adalah uji beda independent sample t test untuk melihat ada atau tidaknya perbedaan motivasi akademik antar Generasi Y dengan Generasi Z. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi akademik memiliki perbedaan yang signifikan antara Generasi Y dan Generasi Z. Meskipun pada Generasi Y dan Generasi Z tidak memiliki perbedaan pada motivasi intrinsiknya. Ragam generasi berkaitan erat dengan motivasi akademik yang dipengaruhi berbagai faktor.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi akademik, Generasi Y, Generasi Z |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Hari Subagijo 201031 |
Date Deposited: | 07 Jul 2023 07:59 |
Last Modified: | 07 Jul 2023 07:59 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/44454 |
Actions (login required)
View Item |