Upaya Meningkatkan Self-esteem pada Perempuan Korban Kekerasan dalam Pacaran dengan Rational Emotive Behavior Therapy (rebt)

Nugraheni, Prastika Prima (2023) Upaya Meningkatkan Self-esteem pada Perempuan Korban Kekerasan dalam Pacaran dengan Rational Emotive Behavior Therapy (rebt). Masters thesis, University of Surabaya.

[thumbnail of MPSI_671_Abstrak.pdf] PDF
MPSI_671_Abstrak.pdf

Download (67kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/268064

Abstract

Self-esteem merupakan hasil evaluasi individu terhadap derajat kemampuan dan kelayakan dirinya. Banyak perempuan pernah mengalami kekerasan dalam hubungan pacaran. Baik itu kekerasan fisik, psikologis maupun seksual. Kondisi ini membuat perempuan merasakan berbagai dampak negatif. Salah satu dampaknya yakni dalam aspek psikologis. Dimana perempuan yang pernah mengalami kekerasan dalam hubungan pacaran cenderung mengevaluasi diri secara negatif. Evaluasi yang negatif tersebut tidak terlepas dari peran belief irrasional yang berkembang ketika mereka memaknai kejadian kekerasan tersebut. Intervensi yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Rational Emotive Behavior Therapy (REBT). Partisipan pada penelitian ini adalah dua orang perempuan yang berada pada usia dewasa awal yang pernah mengalami kekerasan dalam hubungan pacaran. Tujuan dari penelitian adalah untuk meningkatkan self-esteem kedua partisipan melalui menurunkan kecenderungan meyakini belief irrasional terkait pengalaman kekerasan pacaran yang pernah dialami dengan menggunakan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT). Hasil asesmen penelitian menunjukan bahwa kedua partisipan memiliki kecenderungan dalam meyakini belief yang irrasional dan memiliki self-esteem yang berada pada kategori sangat rendah. Hasil intervensi menunjukan bahwa Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) efektif untuk meningkatkan self-esteem perempuan korban kekerasan dalam pacaran dengan menurunkan keyakinannya terhadap belief yang irrasional.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: self-esteem, irrational belief, rational emotive behavior therapy
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 12 Jul 2023 08:48
Last Modified: 12 Jul 2023 08:48
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/44483

Actions (login required)

View Item View Item