Analisis Blue Ocean Strategic Management Pada PT. Bank Jago

Andrealin, Meilysa Grecia (2022) Analisis Blue Ocean Strategic Management Pada PT. Bank Jago. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 7 (10). pp. 16750-16768. ISSN 2541-0849; e- ISSN 2548-1398

[thumbnail of 12940-Article Text-44138-1-10-20230706.pdf] PDF
12940-Article Text-44138-1-10-20230706.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
Official URL / DOI: https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i10.129...

Abstract

Studi ini menganalisis penerapan strategi Blue Ocean oleh PT. Bank Jago, sebuah bank di Indonesia. Melalui metode penelitian deskriptif kualitatif dan pengumpulan data dari berbagai sumber, penelitian ini mengungkap beberapa temuan penting.Bank Jago telah mengadopsi pendekatan Blue Ocean Strategic Management untuk membedakan diri dari pesaing di pasar perbankan Indonesia. Mereka mengidentifikasi segmen pasar yang belum terpenuhi dan menciptakan layanan perbankan khusus untuk segmen tersebut.Bank Jago melakukan inovasi dengan memanfaatkan teknologi digital untuk memberikan pengalaman perbankan yang lebih baik kepada pelanggan. Mereka meluncurkan aplikasi perbankan berbasis mobile yang memungkinkan transaksi cepat dan mudah, serta menyediakan fitur analisis keuangan dan manajemen keuangan pribadi.Transformasi internal juga dilakukan oleh Bank Jago dalam budaya perusahaan dan struktur organisasi. Kolaborasi antardepartemen didorong, dan pendekatan yang lebih fleksibel dan adaptif diterapkan dalam pengambilankeputusan. Hal ini memungkinkan respons yang cepat terhadap perubahan pasar dan tantangan yang ada.Strategi Blue Ocean yang diadopsi oleh Bank Jago telah memberikan hasil positif, meningkatkan pangsa pasar dan pertumbuhan pendapatan dengan menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan yang ada.Secara keseluruhan, PT. Bank Jago berhasil menerapkan strategi Blue Ocean Strategic Management dengan sukses. Dengan inovasi, pemanfaatan teknologi, transformasi internal, dan fokus pada segmen pasar yang belum terpenuhi, mereka menciptakan keunggulan kompetitif yang membedakan mereka dari pesaing di industri perbankan. Penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi perusahaan lain yang ingin mengadopsi pendekatan Blue Ocean dalam menghadapi persaingan ketat di pasar mereka.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Blue Ocean Strategic Management, Market differentiation, PEST
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Management
Depositing User: Meilysa Grecia Andrealin
Date Deposited: 20 Jul 2023 03:06
Last Modified: 20 Jul 2023 03:06
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/44524

Actions (login required)

View Item View Item