Penghargaan pada Argumentasi Bagian dari Karakter Intelektual: Studi Eksploratoris pada Calon Mahasiswa

Aditomo, Anindito (2017) Penghargaan pada Argumentasi Bagian dari Karakter Intelektual: Studi Eksploratoris pada Calon Mahasiswa. Humanitas Indonesian Psychological Journal, 14 (1). pp. 26-40. ISSN 1693-7236; E-ISSN: 2598-6368

[thumbnail of Anindito Aditomo_Penghargaan pada Argumentasi Bagian dari Karakter Intelektual.pdf] PDF
Anindito Aditomo_Penghargaan pada Argumentasi Bagian dari Karakter Intelektual.pdf

Download (1MB)
Official URL / DOI: http://www.journal.uad.ac.id/index.php/HUMANITAS/a...

Abstract

Mengembangkan karakter intelektual pada mahasiswa adalah salah satu tujuan penting pendidikan tinggi. Penelitian ini menyoroti "penghargaan pada argumentasi" sebagai sebuah disposisi/sifat yang menjadi bagian karakter intelektual. Tujuan penelitian ini adalah untuk (a) mengeksplorasi struktur dimensi konstruk penghargaan pada argumentasi, (b) mendapatkan gambaran tentang tingkat penghargaan pada argumentasi, (c) menyelidiki apakah penghargaan pada argumentasi diprediksi oleh gender dan latar belakang sosial-ekonomi keluarga, serta (d) menguji prediksi teoretis tentang kaitan pemahaman epistemologis dengan penghargaan pada argumentasi pada calon mahasiswa. Sebuah survei dilakukan pada 2229 partisipan (57% perempuan, usia rata-rata 17.9 tahun) yang telah diterima sebagai mahasiswa di tujuh fakultas sebuah universitas, namun belum mengikuti perkuliahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penghargaan pada argumentasi adalah konstruk multidimensi, dan bahwa sebagian besar calon mahasiswa menyadari manfaat argumentasi dalam pengambilan keputusan, penyelesaian masalah, dan meningkatkan mutu pemikiran. Temuan ini dapat menjadi dasar bagi dosen yang ingin menerapkan metode pembelajaran yang menuntut mahasiswa berpikir kritis dalam argumentasi. Analisis regresi menunjukkan bahwa gender dan latar belakang sosial-ekonomi keluarga tidak memrediksi penghargaan pada argumentasi. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa pemahaman epistemologis terkait dengan penghargaan pada argumentasi, namun tidak selalu dengan arah yang sesuai prediksi teoretis.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: debat, disposisi intelektual, keyakinan epistemik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Anindito Aditomo 205003
Date Deposited: 24 Jul 2023 04:55
Last Modified: 25 Jul 2023 04:37
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/44541

Actions (login required)

View Item View Item