Optimasi Parameter Proses Bleaching dengan Metode Taguchi untuk Mempertahankan Kualitas Minyak Goreng di PT. Damai Sentosa Cooking Oil, Surabaya

Santoso, Amelia and Sutanto, Beni and Prayogo, Dina Natalia (2005) Optimasi Parameter Proses Bleaching dengan Metode Taguchi untuk Mempertahankan Kualitas Minyak Goreng di PT. Damai Sentosa Cooking Oil, Surabaya. In: Proceeding 3rd National Industrial Engineering Conference, September 28th, 2005, Surabaya.

[thumbnail of Optimasi Parameter Proses Bleaching dengan Metode Taguchi_NIEC3_DNP_Rev.pdf] PDF
Optimasi Parameter Proses Bleaching dengan Metode Taguchi_NIEC3_DNP_Rev.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ketatnya persaingan dalam dunia industri saat ini menuntut PT. Damai Sentosa Cooking Oil untuk mempertahanlwn kualitas warna minyak goreng, dimana untuk mendapatkan warna yang sesuai maka minyak goreng harus melewati proses bleaching. Penelitian ini menggunakan metode Taguchi untuk menentukan kombinasi level faktor yang optimal dari faktor-faktor yang paling berpengaruh terhadap kadar warna red dan yellow, dengan standar masing-masing sebesar 0.9 dan 7. Faktor yang digunakan dalam eksperimen ada 6 faktor, yaitu: metode degumming, jumlah bleaching earth, jumlah carbon active, temperatur, lama waktu pengadukan dan kecepatan pengadukan, dengan masing-masing 2 level dan terdapat 12 interaksi, sehingga digunakan Orthogonal Array L32(231) dengan replikasi 3 kali. Hasil eksperimen menunjukkan kombinasi level faktor optimal yang berbeda untuk masing-masing respon sehingga dilakukan optimasi multi respon untuk mencari kombinasi yang sesuai. Selanjutnya berdasarkan kombinasi level faktor yang optimal dilakukan eksperimen konfirmasi. Hasil eksperimen konfirmasi menghasilkan rata-rata nilai warna red sebesar 0.93 dan yellow sebesar 7.04, serta menunjukkan bahwa kedua respon warna tersebut masuk dalam 95% confidence interval, sehingga kombinasi level faktor dalam penelitian ini layak digunakan dalam skala industri.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Proses bleaching, kualitas warna minyak goreng, Metode Taguchi
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Ester Sri W. 196039
Date Deposited: 31 Jul 2023 03:19
Last Modified: 31 Jul 2023 03:19
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/44592

Actions (login required)

View Item View Item