Mutu Pelayanan Pada Rumah Makan Ikan Bakar Cianjur Dengan Metode Servqual Gap 1 dan Gap 5

., Yunita (1999) Mutu Pelayanan Pada Rumah Makan Ikan Bakar Cianjur Dengan Metode Servqual Gap 1 dan Gap 5. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/232178

Abstract

Sekarang ini makin banyak jenis usaha yang dilakukan oleh masyarakat, salah satunya adalah jenis usaha rumah makan. Semakin banyak rumah makan­ rumah makan baru yang bermunculan menyebabkan persaingan yang semakin ketat, sehingga untuk dapat bertahan dan memenangkan persaingan, maka sebuah rumah makan harus dapat memuaskan konsumennya. Konsumen akan merasa puas apabila pelayanan, fasilitas dan hidangan yang diberikan oleh pihak rumah makan dapat memenuhi harapannya. Untuk dapat memenuhi harapan konsumen maka sebuah rumah makan harus memperbaiki mutu pelayannya. Rumah Makan Ikan Bakar Cianjur cabang Mayjend Sungkono dibuka pada bulan desember 1994. Untuk dapat bertahan dan mendapatkan keuntungan dalam jangka waktu yang panjang, maka Rumah Makan Ikan Bakar Cianjur berusaha untuk memperbaiki mutu pelayanannya. Untuk dapat mengetahui variabel-variabel mana yang perlu diperbaiki, salah satu cara yang dipakai adalah dengan jalan menyebarkan kuesioner baik kepada pihak konsumen maupun kepada pihak manajemen. Kuesioner ini berisi pertanyaan-pertanyaan mengenai penilaian konsumen, harapan konsumen, persepsi manajemen mengenai harapan konsumen dan juga bauran pemasaran. Pada umumnya pihak manajemen rumah makan menerapkan mutu pelayanan hanya berdasarkan pada persepsinya sendiri. Padahal seringkali apa yang dipersepsikan oleh pihak manajemen rumah makan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh konsumen. untuk itu pihak manajemen rumah makan terlebih dahulu harus mengetahui bagaimana penilaian konsumen tentang mutu pelayanan yang sudah dijalankan oleh pihak manajemen rumah makan dan apa yang diharapkan oleh konsumen. Dari perbedaan antara kenyataan yang diterima konsumen dan apa yang diharapkan oleh konsumen maka pihak manajemen rumah makan dapat memperbaiki mutu pelayanannya. Setelah dilakukan penelitian Tugas Akhir ini, maka dapat diketahui variabel­-variabel dan dimensi servqual mana yang perlu diperbaiki karena tidak sesuai/belum memenuhi harapan konsumen. Kemudian dapat diusulkan strategi perbaikan dan strategi pemasaran untuk memperbaiki mutu pelayanan di Rumah Makan Ikan Bakar Cianjur. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa konsumen terbagi menjadi 2 kelompok, dengan masing-masing karakteristiknya. Sedangkan variabel-variabel yang perlu diperbaiki oleh pihak rumah makan adalah: variabel perlengkapan makan, toilet, makanan sesuai pesanan, makanan enak dan variabel makanan bersih. Dengan melakukan perbaikan pada variabel-variabel tersebut diharapkan mutu pelayanan pada Rumah Makan Ikan Bakar Cianjur dapat ditingkatkan, sehingga konsumen semakin puas.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 20 Dec 2013 08:34
Last Modified: 20 Dec 2013 08:34
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/4464

Actions (login required)

View Item View Item