Literasi Pemasaran Digital dan Teknologi Keuangan Sebagai Sarana Peningkatan Omset UMKM di Probolinggo

Hartanti, Maria Febri Puji and Mardita, Candra Nola and Tirta, Michael and Putra, Antonius Rama Angga and Setyaningrum, Idfi (2023) Literasi Pemasaran Digital dan Teknologi Keuangan Sebagai Sarana Peningkatan Omset UMKM di Probolinggo. Jurnal Manajemen dan Sains, 8 (1). pp. 113-118. ISSN 2541-688X; E-ISSN 2541-6243

[thumbnail of Literasi Pemasaran DigitalUMKM Probolinggo] PDF (Literasi Pemasaran DigitalUMKM Probolinggo)
Jurnal Sinta 4 Idfi 2023.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (92kB) | Request a copy
Official URL / DOI: http://jmas.unbari.ac.id/index.php/jmas/article/vi...

Abstract

Sektor UMKM berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi nasional. Periode adaptasi pemulihan membawa peluang baru bagi sektor UMKM untuk berkembang dan meningkat. Dengan mengedukasi bisnis tentang literasi keuangan, teknologi keuangan dapat membantu UMKM berkembang secara finansial. Metode pengembangan bisnis ini terutama terlihat pada pembiayaan financial technology. Selain itu, penggunaan akses keuangan yang hati-hati harus didorong di kalangan UMKM untuk menghindari masalah pembiayaan. Pendekatan kuantitatif dan kualitatif dilakukan untuk memahami literasi keuangan UMKM. Model triangulasi menggabungkan wawancara mendalam dan observasi UMKM untuk menggabungkan kekuatan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Metode ini digunakan untuk mengkaji kebutuhan keuangan UMKM dengan menggunakan kajian pustaka, data yang dikumpulkan dari sumber lain dan jurnal penelitian sebelumnya. Selain mendanai pendanaan, Fintech dapat mendukung kebutuhan UMKM dengan menggabungkan berbagai alat dan layanan keuangan. Dalam masa adaptasi baru, UMKM membutuhkan literasi keuangan serta akses ke Fintech agar bisa berkembang. Ini karena banyak dari mereka perlu mengatur keuangan mereka dengan bijak agar tetap mampu secara finansial. Setelah COVID-19 peneliti mensurvei UMKM di Kota Probolinggo untuk penelitian ini. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemasaran digital dan layanan pembayaran teknologi keuangan memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap peningkatan penjualan Usaha Kecil, Mikro, dan Menengah (UMKM). Hal ini ditunjukkan dengan fakta bahwa fintech memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap peningkatan omzet UMKM. Selain itu, literasi digital memiliki pengaruh yang kecil namun signifikan dalam mengurangi dampak negatif fintech terhadap penjualan UMKM. Mencermati temuan dan manfaat studi UMKM diharapakan dapat membantu meningkatkan digitalisasi UMKM dan literasi keuangan para pengusaha UMKM. Karena teknologi memainkan peran penting dalam kegiatan bisnis serta penting bagi para pengusaha untuk meningkatkan literasi digital mereka di era saat ini

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: literasi keuangan, teknologi keuangan, literasi digital, UMKM
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Economic
Depositing User: Idfi Setyaningrum 6187
Date Deposited: 08 Aug 2023 01:41
Last Modified: 08 Aug 2023 01:41
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/44671

Actions (login required)

View Item View Item