Laporan Akhir Penelitian "Persepsi Tenaga Kesehatan dan Pasien terhadap Alokasi Sumber Daya yang Terbatas di Masa Pandemi COVID-19"

Susilo, Astrid Pratidina and Dewi, Ervin Dyah Ayu Masita (2023) Laporan Akhir Penelitian "Persepsi Tenaga Kesehatan dan Pasien terhadap Alokasi Sumber Daya yang Terbatas di Masa Pandemi COVID-19". Project Report. Universitas Surabaya, Surabaya.

[thumbnail of Laporan Akhir Penelitian Mandiri] PDF (Laporan Akhir Penelitian Mandiri)
Ervin Repository_Laporan Akhir Penelitian Dilema Etika di Masa Pandemi.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memotret fenomena dilema etik yang dihadapi petugas kesehatan serta penerapan prinsip-prinsip etika di rumah sakit dalam alokasi sumber daya yang terbatas yang terjadi di saat pandemi COVID-19. Penelitian dilakukan terhadap petugas kesehatan sebagai pelaksana, manajemen rumah sakit sebagai pemegang keputusan, serta pasien dan keluarga/kerabat pasien yang pernah menderita Covid-19. Manfaat penelitian ini adalah untuk mengetahui dilema dan pertimbangan etika dari petugas kesehatan dalam alokasi sumber daya yang terbatas, sehingga dapat diberikan rekomendasi strategi/panduan berikut: (1) penerapan prinsip-prinsip etika bagi petugas kesehatan dan manajemen di rumah sakit supaya dapat menjalankan pelayanan bagi pasien COVID-19 pada konteks keterbatasan sumber daya (2) pendidikan etika bagi

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medical
Depositing User: ERVIN DYAH AYU MASITA DEWI
Date Deposited: 10 Aug 2023 01:48
Last Modified: 10 Aug 2023 01:48
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/44677

Actions (login required)

View Item View Item