Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Atas Siklus Penjualan Dalam Rangka Meningkatkan Pengendalian Internal Pada Badan Usaha "X" Di Jember.

Dewi, Karunia (2001) Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Atas Siklus Penjualan Dalam Rangka Meningkatkan Pengendalian Internal Pada Badan Usaha "X" Di Jember. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/153333

Abstract

Badan usaha X adalah badan usaha yang bergerak dalam bidang penggilingan gabah. Daerah penjualannya meliputi kota-kota di wilayah Jawa Timur. Sebagai badan usaha keluarga, pengendalian internal dalam badan usaha ini bersifat informal. Dengan semakin berkembangnya usaha, badan usaha ini memerlukan sistem pengendalian internal yang lebih formal disesuaikan dengan kondisi praktis badan usaha. Sehubungan dengan itu skripsi ini berusaha menganalisis sistem pengendalian internal atas siklus penjualan pada badan usaha "X" untuk menemukan kelemahan dalam sistem tersebut. Kelemahan-kelemahan itu akan diperbaiki sehingga pengendalian internal dapat ditingkatkan. Data-data yang digunakan dalam analisis itu adalah: prosedur-prosedur dalam siklus penjualan, struktur organisasi, dokumen-dokumen dalam siklus penjualan serta informasi lain yang diperoleh dari hasil wawancara dan observasi. Dari hasil analisis ada beberapa kelemahan yang harus diatasi untuk meningkatkan pengendalian internal pada badan usaha"X". Kelemahan tersebut antara lain: Badan usaha "X" tidak memiliki catatan yang memadai untuk melindungi sediaan, piutang dan kas dari kemungkinan terjadinya penyelewengan, dokumen yang digunakan dalam aktifitas penjualan kurang lengkap, dan bagian-bagian yang ada tidak dapat berfungsi secara efektif karena tidak ada pembagian tugas yang jelas. Untuk mengatasi kelemahan tersebut, skripsi ini merekomendasikan beberapa cara, yaitu: badan usaha "X" sebaiknya mencatat mutasi sediaan, piutang dan kas dalam kartu gudang, kartu piutang, dan bukti kas masuk-keluar. Dengan adanya pencatatan ini setiap pergerakan sediaan, utang dan kas dapat dikontrol dengan baik. Badan usaha "X" juga perlu menambah dokumen yang digunakan dalam aktifitas penjualan. Dokumen ini berfungsi sebagai bukti teljadinya transaksi dan sebagai alat untuk melakukan cek dan ricek sehingga dapat mencegah terjadinya kecurangan. Selain itu untuk setiap bagian perlu ada pembagian tugas yang jelas sehingga setiap bagian dapat berfungsi sebagaimana mesti serta dapat mencegah perangkapan fungsi yang berakibat fatal. Hasil rekomendasi tersebut diwujudkan dalam usulan prosedur untuk tiap aktifitas dalam siklus penjualan. Dengan menerapkan usulan prosedur ini diharapkan pengendalian internal atas siklus penjualan pada badan usaha "X" dapat lebih ditingkatkan.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Users 147 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2014 11:34
Last Modified: 17 Jan 2014 11:34
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/4469

Actions (login required)

View Item View Item