Mama Training: Pelatihan Emotional Intelligence Untuk Meningkatkan Self-Regulation Guru Sekolah Dasar

Nasruddin, Dedi and Hariyanto, V. Heru (2022) Mama Training: Pelatihan Emotional Intelligence Untuk Meningkatkan Self-Regulation Guru Sekolah Dasar. Jurnal Intervensi Psikologi (JIP), 14 (1). pp. 55-68. ISSN 2085-4447; E-ISSN 2579-4337

[thumbnail of 22598-Article Text-64354-69962-10-20220630.pdf] PDF
22598-Article Text-64354-69962-10-20220630.pdf

Download (1MB)
Official URL / DOI: https://jurnal.uii.ac.id/intervensipsikologi/artic...

Abstract

Tugas seorang guru selain mendidik siswa tentunya juga memiliki standar target pencapaian kinerja yang diberikan oleh pihak sekolah. Beratnya beban tugas tersebut membuat perlu adanya self-regulation yang baik pada diri individu. Self-regulation berkaitan dengan serangkaian tindakan perencanaan yang terarah dalam mewujudkan pencapaian target yang dapat meningkatkan kinerja. Pelatihan ini mengusung emotional intelligence sebagai variabel yang dapat meningkatkan self-regulation pada guru sekolah dasar. Desain penelitian ini adalah one group pre-posttest experimental design. Jumlah peserta yang mengikuti pelatihan sebanyak 13 orang. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa terdapat korelasi yang positif emotional intelligence dalam meningkatkan self-regulation pada guru sekolah dasar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: emotional intelligence, self-regulation, guru
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Psychology
Depositing User: Dedi Nasruddin
Date Deposited: 15 Aug 2023 03:19
Last Modified: 15 Aug 2023 04:58
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/44740

Actions (login required)

View Item View Item