Efektivitas JASPER Intervention untuk Meningkatkan Kemampuan Joint Attention Anak dengan Autisme Berat

Amritashanti, I Gusti Agung Ayu and Hartanti, Hartanti (2023) Efektivitas JASPER Intervention untuk Meningkatkan Kemampuan Joint Attention Anak dengan Autisme Berat. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4 (1). pp. 212-220. ISSN 2723-6390

[thumbnail of I Gusti Agung Ayu Amritashanti_Efektivitas JASPER Intervention Untuk Meningkatkan Kemampuan Joint Attention Anak dengan Autisme Berat.pdf] PDF
I Gusti Agung Ayu Amritashanti_Efektivitas JASPER Intervention Untuk Meningkatkan Kemampuan Joint Attention Anak dengan Autisme Berat.pdf - Published Version

Download (1MB)
Official URL / DOI: https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.190

Abstract

Anak dengan gangguan spektrum autisme memiliki permasalahan pada keterampilan komunikasi sosial termasuk kemampuan joint attention, seperti menunjukkan mainan kepada orang lain, menunjuk untuk berbagi, dan tatapan mata yang terkoordinasi antara objek dan orang dan kemampuan untuk bersama-sama terlibat interaksi sosial dengan orang lain. Kemampuan joint-attention merupakan kemampuan yang penting bagi anak untuk mempelajari hal-hal baru. Anak dengan gangguan autisme yang memiliki kontak mata yang baik dan memiliki rentang atensi yang panjang diharapkan dapat lebih mudah dalam menerima pelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan asesmen untuk menegakkan diagnosa gangguan klinis serta meningkatkan kemampuan joint attention dengan menerapkan JASPER intervention pada subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan metode single case study dengan rancangan penelitian A – B – A (Baseline – intervensi – follow up). Subjek dalam penelitian ini adalah seorang anak laki-laki bernama JA, didiagnosa memiliki gangguan autisme kategori berat dengan kemampuan joint-attention yang rendah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan Tes BINET, CARS, dan DDST. JASPER intervention dilakukan sebanyak 5 sesi. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan joint-attention JA mengalami peningkatan. Dapat disimpulkan JASPER intervention efektif dalam meningkatkan kemampuan joint-attention pada anak dengan gangguan autis berat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Gangguan spektrum autisme; Joint-Attention; JASPER Intervention
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Psychology
Depositing User: I Gusti Agung Ayu Amritashanti
Date Deposited: 15 Aug 2023 06:09
Last Modified: 15 Aug 2023 06:09
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/44742

Actions (login required)

View Item View Item