Kalender Meja “Obat Herbal Yang Aman, Berkualitas, Dan Berkhasiat Bagi Kesehatan”

Universitas Surabaya (2020) Kalender Meja “Obat Herbal Yang Aman, Berkualitas, Dan Berkhasiat Bagi Kesehatan”. EC00202031972.

[thumbnail of Sertifikat Hak Cipta_Anita Purnamayanti_Kalender Meja Herbal] PDF (Sertifikat Hak Cipta_Anita Purnamayanti_Kalender Meja Herbal)
Anita Sertifikat_HC_EC00202031972_kalender meja herbal.pdf

Download (2MB)
Official URL / DOI: https://pdki-indonesia.dgip.go.id/search?type=copy...

Abstract

Judul Ciptaan Kalender Meja berjudul “Obat Herbal yang Aman, Berkualitas, dan Berkhasiat Bagi Kesehatan” Deskripsi Ciptaan ini berupa kalender meja berjudul Obat Herbal yang Aman, Berkualitas, dan Berkhasiat Bagi Kesehatan sebagai alat peraga untuk edukasi yang berguna bagi praktisi apoteker – farmasis klinis dalam memberikan pelayanan kefarmasian obat tradisional di klinis dan komunitas, dan saat menjelaskan isi materi terkait obat herbal yang tertuang dalam kalender meja tersebut kepada peserta Posyandu Lansia. Ciptaan ini merupakan hasil dari Pengabdian kepada Masyarakat pada skim Program Pendampingan Komunitas. Tujuan diciptakannya kalender meja berjudul Obat Herbal yang Aman, Berkualitas, dan Berkhasiat Bagi Kesehatan adalah untuk meningkatkan pengetahuan mengenai obat tradisional dari bahan herbal, agar dapat masyarakat memahami definisi dan pengelompokan, logo/ penandaan obat tradisional, aspek legalitas (nomor ijin dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan), tanggal pembuatan (manufacturing date) dan tanggal kadaluwarsa (expired date), manfaat/ kegunaan, keamanan penggunaan obat herbal (meliputi interaksi obat tradisional dengan obat modern/ makanan/ minuman). Keunggulan alat peraga media edukasi berbentuk kalender meja ini adalah menggunakan gambar yang disertai informasi tertulis, sehingga tampilannya menarik, informasi mudah dibaca dan dipahami oleh Lansia yang umumnya telah mengalami penurunan kemampuan kognitif. Selain itu kalender meja ini dilengkapi gambar berbagai produk obat tradisional yang beredar di Indonesia dari kelompok Jamu (ditandai dengan gambar cabang pohon), Obat Herbal Terstandar (ditandai dengan gambar 3 bintang), dan Fitofarmaka (yang ditandai dengan gambar kristalsalju). Hal ini bertujuan untuk lebih memudahkan pemahaman Lansia dengan contoh gambar produk obat tradisional yang mudah diperoleh dan kemungkinan besar produk tersebut sering digunakan olehLansia. Jenis Ciptaan Alat Peraga berupa kalender meja Tempat diumumkan Surabaya Tanggal diumumkan 28-9-2019

Item Type: Patent
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: Anita Purnamayanti Rahman 202021
Date Deposited: 15 Aug 2023 05:55
Last Modified: 15 Aug 2023 05:55
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/44744

Actions (login required)

View Item View Item