Apakah Pelatihan Musik Interaksional Terkait Dengan Kemampuan Empati Dan Sistemasi Pada Musisi?

Soesanto, Meidy Christianty and Yudiarso, Ananta (2022) Apakah Pelatihan Musik Interaksional Terkait Dengan Kemampuan Empati Dan Sistemasi Pada Musisi? Jurnal Psikologi, 15 (1). pp. 97-109. ISSN 2086-3047, e-ISSN 2089-8061

[thumbnail of 5583-16487-1-PB (4).pdf] PDF
5583-16487-1-PB (4).pdf

Download (160kB)
Official URL / DOI: https://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/psiko/a...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara pelatihan musik interaksional dengan kemampuan empati dan sistemasi pada musisi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional menggunakan metode survei. Analisis dalam penelitian ini menggunakan uji hubungan serta model rasch. Hasil penelitian terhadap 111 musisi menunjukan bahwa pelatihan musik interaksional (PMI) berhubungan dengan kemampuan sistemasi (SQ) (r = 0.214, p = 0.012, N = 111). Kemampuan empati (EQ) tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan pelatihan musik interaksional (r = 0.024, p = 0.400, N = 111). Pelatihan musik interaksional merupakan alternatif untuk meningkatkan kemampuan sistemasi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: interactional music training, empathizing, systemizing, musician
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
M Music and Books on Music > ML Literature of music
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Psychology
Depositing User: Meidy Christianty Soesanto
Date Deposited: 15 Aug 2023 09:00
Last Modified: 15 Aug 2023 10:37
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/44754

Actions (login required)

View Item View Item