Kemitraan Sebagai Pendorong Peningkatan Produktivitas Industri Pengolahan Skala Mikro Di Indonesia

Setyaningrum, Idfi and Rachman, Hakim (2023) Kemitraan Sebagai Pendorong Peningkatan Produktivitas Industri Pengolahan Skala Mikro Di Indonesia. Kabilah: Journal of Social Community, 8 (1). pp. 1065-1078. ISSN 2502-9649; E-ISSN 2503-3603

[thumbnail of Kemitraan Sebagai Pendorong Produktivitas Usaha Mikro] PDF (Kemitraan Sebagai Pendorong Produktivitas Usaha Mikro)
1065-1078+Idfi-KEMITRAAN+SEBAGAI+PENDORONG+PENINGKATAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 30 December 2025.
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL / DOI: https://ejournal.iainata.ac.id/index.php/kabilah/a...

Abstract

Industri pengolahan masih menjadi salah satu motor penggerak utama pertumbuhan ekonomi Indonesia, pemerintah senantiasa berusaha menumbuhkan sebaran industri pengolahan untuk bergerak ke seluruh wilayah Indonesia. Industri pengolahan skala mikro di Indonesia umumnya memiliki Technical Efficiency yang masih rendah yang mengakibatkan industri mikro cenderung memiliki nilai produksi dibawah production frontier padahal sesungguhnya hal ini merupakan faktor penting dalam menjaga stabilitas produksi. Kemitraan menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi kesulitan yang dialami oleh industri mikro. Tujuan penelitian adalah menganalisis tingkat produktivitas industri pengolahan skala mikro dengan melibatkan variabel kemitraan menggunakan data panel tidak seimbang (unbalanced panel data) tahun 2010 - 2015 yang merupakan hasil survei industri pengolahan skala mikro dan kecil yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik sebanyak 255.063 industri. Hasil penelitian menyatakan bahwa kemitraan dalam bentuk bahan baku, pemasaran dan teknologi terbukti memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan produktivitas pada industri pengolahan skala mikro.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kemitraan, Industri Mikro, Produktivitas, Indonesia
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Economic
Depositing User: Idfi Setyaningrum 6187
Date Deposited: 24 Aug 2023 05:19
Last Modified: 24 Aug 2023 05:19
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/44835

Actions (login required)

View Item View Item