Pengalaman Hidup Mantan Pekerja Seks: Studi Photovoice dalam Perspektif Standpoint Feminism

Setyawan, Jefri and Triwijati, N.K. Endah (2023) Pengalaman Hidup Mantan Pekerja Seks: Studi Photovoice dalam Perspektif Standpoint Feminism. In: Temu Ilmiah Nasional Ikatan Psikologi Sosial XII, 29 September 2023, Kupang, Nusa Tenggara Timur. (Submitted)

[thumbnail of Full Paper Presentasi Temilnas] PDF (Full Paper Presentasi Temilnas)
Jefri Setyawan_Pengalaman Hidup Mantan Pekerja Seks Studi Photovoice dalam Perspektif Standpoint Feminism.docx - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penutupan lokalisasi Dolly delapan tahun yang lalu tidak menghilangkan stigma yang melekat pada perempuan mantan pekerja seks. Mereka terus dianggap sebagai pendosa yang memalukan, meskipun sudah keluar dari prostitusi. Diskusi seputar isu perempuan pekerja seks seringkali terfokus pada diskriminasi dan kekerasan, namun kurang memperhatikan tantangan individu yang berjuang mencapai otonomi dan hak asasi manusia setelah keluar dari prostitusi. Penelitian ini menggunakan metode photovoice, sebuah pendekatan participatory action research (PAR) yang melibatkan partisipan untuk menggambarkan pengalaman hidup mereka melalui foto dan diskusi kelompok. Metode ini memberdayakan partisipan untuk mengidentifikasi kebutuhan, aspirasi, keprihatinan, dan masalah yang terkait dengan kehidupan pribadi dan komunitas mereka. Partisipan yang terlibat berjumlah 10 orang. Teori Standpoint Feminism menjadi kerangka teoritis penelitian, memposisikan perempuan sebagai individu yang memiliki otoritas atas pengalaman hidupnya. Hasil penelitian mengungkapkan tiga tema foto yang merepresentasikan kebutuhan partisipan: stigma, keberhasilan, dan aspirasi. Tema-tema ini mencerminkan suara personal dan komunitas mereka. Penelitian ini memberikan pandangan komprehensif tentang kompleksitas kehidupan para mantan pekerja seks, menyoroti keberhasilan dan tantangan individu dalam mencapai otonomi dan hak asasi manusia. Melalui metode photovoice, partisipan diberdayakan untuk menceritakan kisah mereka secara langsung dan akurat, sehingga proses pengetahuan berlangsung secara partisipatif antara peneliti dan partisipan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: mantan pekerja seks, photovoice, standpoint feminism, stigma, otonomi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: JEFRI SETYAWAN
Date Deposited: 13 Sep 2023 03:01
Last Modified: 13 Sep 2023 03:01
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/44909

Actions (login required)

View Item View Item