Pembuatan Sistem Pelayanan Pengaduan Pada Uptd Puskesmas Banyuanyar Sampang

Pian, Gwenneth Murriel (2023) Pembuatan Sistem Pelayanan Pengaduan Pada Uptd Puskesmas Banyuanyar Sampang. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TI-2405_Abstrak.pdf] PDF
TI-2405_Abstrak.pdf

Download (39kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/268621

Abstract

Puskesmas Banyuanyar adalah salah satu pusat layanan kesehatan yang terletak di Kabupaten Sampang, Jawa Timur. Saat ini, Puskesmas Banyuanyar menerima pengaduan atau laporan dari masyarakat maupun pegawai puskesmas yang melihat adanya kejadian yang berindikasi merugikan puskesmas menggunakan cara ditulis pada kertas dan dikumpulkan pada kotak pengaduan yang tersedia. Pengadu atau pembuat pengaduan pun tidak dapat mengetahui apakah laporan yang diberikan telah ditindaklanjuti. Sehingga dengan permasalahan tersebut, Puskesmas Banyuanyar ingin membuat sistem pelayanan pengaduan, yaitu sebuah website pengaduan untuk internal pegawai dan eksternal pengunjung dapat memberikan pengaduan berupa kritik dan saran. Dengan adanya web ini, para pengadu diharapkan dapat mengakses situs dengan mudah dan juga melihat setiap proses penanganan hasil dari pengaduan yang dikirim. Proses validasi dilakukan dengan cara pengisian kuisioner oleh pengguna yang telah mencoba program terlebih dahulu. Pengisian kuisioner ini dilakukan oleh 13 orang responden yang terdiri dari 5 pengujung Puskesmas, 5 pegawai Puskesmas sebagai pembuat pengaduan dan 3 orang pegawai sebagai admin. Terdapat 3 bagian pada kuesioner yang pertama tampilan website berdasarkan kuesioner bahasa yang digunakan dinilai sudah cukup mudah di mengerti serta tampilan website menarik dan sesuai dengan kebutuhan, kedua kemudahan website penggunaan aplikasi dalam menginputkan data, mengubah serta menghapus data dapat dilakukan dengan mudah oleh pengguna dan fasilitas website, berdasarkan hasil penilaian responden sistem berhasil mendukung pelayanan pengaduan pada Puskesmas Banyuanyar, pihak pengadu maupun sebagai admin Puskesmas.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Sistem, Pelayanan Pengaduan, Pusat Kesehatan Masyarakat
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic
Depositing User: BAMBANG SEPTIAWAN
Date Deposited: 21 Sep 2023 03:58
Last Modified: 21 Sep 2023 03:58
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/44972

Actions (login required)

View Item View Item