Pengaruh Customer Perceived Risk Terhadap Online Purchase Intention pada Tokopedia di Surabaya

Supratiknyo, Surya Aprilianto (2023) Pengaruh Customer Perceived Risk Terhadap Online Purchase Intention pada Tokopedia di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of M_7040_Abstrak.pdf] PDF
M_7040_Abstrak.pdf

Download (318kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/268968

Abstract

Seiring berkembangnya teknologi saat ini, tentunya banyak aktivitas atau kegiatan belanja yang dilakukan secara online. Dengan adanya hal tersebut, kegiatan yang membutuhkan waktu dan uang sangatlah praktis dan mudah. Salah satunya ialah membeli produk baik barang atau jasa yang kita butuhkan bisa didapat secara online. Hal tersebut dinamakan ecommerce, yang merupakan bisnis online yang melibatkan pembelian dan penjualan produk fisik atau digital melalui internet. Dalam penelitian ini hanya fokus untuk faktor-faktor apa saja yang berpengaruh terhadap online purchase intention pada pengguna Tokopedia. Penelitian ini akan dilakukan di Surabaya dengan menggunakan objek penelitian, yaitu Tokopedia. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah mengetahui dan menganalisis pengaruh financial risk, product risk, security risk, time risk, social risk, psychological risk terhadap online purchase intention pada Tokopedia di Surabaya. Penelitian ini termasuk dalam penelitian basic research dengan tipe causal research. Penelitian ini juga menggunakan metode kuantitatif karena menggunakan angka yang diukur dan diolah dengan analisis SEM (Structural Equation Modeling), dan data yang dikumupulkan tersebut berasal dari kuesioner yang dibagikan kepada responden. Pada hasil penelitian menunjukkan bahwa financial risk berpengaruh negatif terhadap online purchase intention pada Tokopedia di Surabaya, product risk berpengaruh negatif terhadap online purchase intention pada Tokopedia di Surabaya, security risk berpengaruh negatif terhadap online purchase intention pada Tokopedia di Surabaya, time risk berpengaruh negatif terhadap online purchase intention pada Tokopedia di Surabaya, social risk tidak berpengaruh negatif terhadap online purchase intention pada Tokopedia di Surabaya, dan psychological risk berpengaruh negatif terhadap online purchase intention pada Tokopedia di Surabaya.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: financial risk, product risk, security risk, online purchase intention
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 12 Oct 2023 03:10
Last Modified: 12 Oct 2023 03:10
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/45097

Actions (login required)

View Item View Item