Dialectical Behavior Therapy (DBT) untuk Meningkatkan Self-Compassion pada Individu Pelaku Nonsuicidal Self-Injury (NSSI) yang Mengalami Kekerasan dalam Pacaran

Marchelina, Sheila (2023) Dialectical Behavior Therapy (DBT) untuk Meningkatkan Self-Compassion pada Individu Pelaku Nonsuicidal Self-Injury (NSSI) yang Mengalami Kekerasan dalam Pacaran. Masters thesis, University of Surabaya.

[thumbnail of MPSI_693_Abstrak.pdf] PDF
MPSI_693_Abstrak.pdf

Download (64kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/269162

Abstract

Nonsuicidal self-injury (NSSI) adalah perilaku menyakiti diri sendiri secara sengaja tanpa adanya keinginan untuk bunuh diri dan bukan merupakan perilaku yang diterima secara sosial (tato tubuh atau tindik tubuh) serta muncul setidaknya 5 hari selama setahun terakhir. Salah satu faktor yang memengaruhi munculnya perilaku NSSI berulang adalah tingginya kritik diri dan rendahnya self-compassion. Melalui peningkatan self-compassion, perilaku NSSI dapat menurun karena individu menjadi lebih toleran atas tekanan emosional yang muncul dan menemukan cara menenangkan diri dengan lebih penuh kasih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari intervensi dialectical behavior therapy (DBT) untuk meningkatkan self-compassion yang kemudian dapat menurunkan dorongan melakukan NSSI pada individu pelaku NSSI yang juga korban kekerasan dalam pacaran. Penelitian ini menggunakan metode single case experiment dengan model single case A-B-A. Intervensi diberikan sebanyak 6 sesi dengan durasi 120 menit. Partisipan penelitian adalah perempuan yang pernah mengalami kekerasan dalam pacaran dan melakukan NSSI secara berulang. Data kuantitatif didapatkan melalui perbandingan hasil pretest, posttest, dan follow-up dari tingkat self-compassion dan dorongan melakukan NSSI. Data-data tersebut kemudian disajikan dalam bentuk trend analysis. Data kualitatif didapatkan melalui wawancara, observasi, dan pengisian modul. Hasil intervensi menunjukkan adanya peningkatan pada self-compassion yang dimiliki partisipan. Peningkatan pada self-compassion ini juga berhasil menurunkan munculnya dorongan melakukan NSSI. Peningkatan self-compassion dan pemahaman akan strategi-strategi mengatasi krisis diharapkan dapat mempertahankan penurunan dorongan melakukan NSSI serta menemukan cara baru mengatasi tekanan emosional selain dengan perilaku NSSI.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Nonsuicidal Self-Injury, Self-Compassion, Kekerasan Dalam Pacaran, Dialectical Behavior Therapy
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Psychology
Depositing User: Hari Subagijo 201031
Date Deposited: 25 Oct 2023 03:58
Last Modified: 25 Oct 2023 03:58
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/45183

Actions (login required)

View Item View Item