Burnout And Welfare In Health Care Workers During Covid-19 In Indonesia

Susilo, Astrid Pratidina and Dewi, Ervin Dyah Ayu Masita and Rossie, Kate and Krumeich, Anja (2023) Burnout And Welfare In Health Care Workers During Covid-19 In Indonesia. In: AMEE Glasgow 2023, 27-30 Agustus 2023, Glasgow, UK.

[thumbnail of Poster dipresentasikan secara online di AMEE Glasgow 2023] PDF (Poster dipresentasikan secara online di AMEE Glasgow 2023)
Ervin,Astrid_publikasi poster AMEE.pdf - Presentation

Download (4MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 menimbulkan berbagai dampak terhadap kesehatan di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Salah satunya adalah keterbatasan sumber daya yang menuntut kemampuan tenaga kesehatan untuk bisa mengalokasikan sumber daya yang terbatas tersebut sesuai keilmuan medis dan kaidah etika. Tetapi ternyata seringkali terjadi dilema yang berakibat menimbulkan burnout saat tenaga kesehatan mengalokasikan sumber daya yang terbatas tersebut. Hal ini karena adanya tuntutan dari masyarakat, tuntutan dari pemerintah atau instansi kesehatan, tuntutan hati nurani yang ingin menyelamatkan sebanyak mungkin pasien, dll. Oleh karena itu diperlukan kesadaran bahwa ada perbedaan persepsi antara tenaga kesehatan dan pasien tentang kriteria pemilihan pasien yang mendapatkan sumber daya, dan pemahaman bahwa yang dilakukan tenaga kesehatan sudah sesuai dengan kaidah etik atau belum. Selain itu diperlukan manajemen atau mitigasi untuk menghadapi burnout tersebut.

Item Type: Conference or Workshop Item (Poster)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medical > Medical Study Program
Depositing User: ERVIN DYAH AYU MASITA DEWI
Date Deposited: 26 Oct 2023 02:08
Last Modified: 26 Oct 2023 02:08
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/45184

Actions (login required)

View Item View Item