Cecilia, Hedy (1999) Analisis Ekuitas Merek dari Produk Air Mineral Ades (Galon). [Undergraduate thesis]
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Perkembangan perusahaan air mineral yang sangat pesat mengakibatkan persaingan di bidang usaha tersebut tidak dapat dielakkan, sehingga pibak perusahaan perlu berbenah diri agar mampu bertahan dan berkompetisi dalam menghadapi persaingan tersebut. Untuk itu perlu disusun suatu strategi dalam menghadapi persaingan tersebut. Salah satu yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan sebaik-baiknya aset yang dimiliki. Yang termasuk dalam aset perusahaan itu salah satunya adalah merek. Oleh karena itu suatu merek harus menjadi kuat, yaitu dengan memiliki kekayaan merek (ekuitas merek) yang tinggi. Ekuitas merek terdiri dari kesadaran merek (brand awareness), asosiasi merek (brand association), kesan kualitas (perceived quality) dan loyalitas merek (brand loyalty). Penelitian dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada konsumen yang pernah membeli dan mengkonsumsi air mineral ADES galon. Hal ini bertujuan untuk mengetahui ekuitas merek dari air mineral ADES gal on. Analisis Cluster dilakukan untuk mengelompokkan konsumen berdasarkan tingkat loyalitasnya, kemudian dilanjutkan dengan analisis diskriminan yang bertujuan untuk mengetahui persentase kebenaran pengelompokan. Analisis manova dilakukan untuk mencari variabel yang membedakan cluster yang terbentuk. Selanjutnya dilakukan analisis ketergantungan yang bertujuan untuk mengetahui ketergantungan cluster dengan latar belakang konsumen sehingga diketahui karakteristik konsumen pada tiap cluster. Setelah itu dilakukan analisis deskriptif untuk mengetahui kesadaran merek air mineral ADES galon pada tiap cluster. Untuk mengetahui asosiasi merek, image, dan kesan kualitas (persepsi-ekspektasi), dilakukan dengan penentuan skor terhadap variabel-variabel pembentuknya. Dari penelitian ini, dapat menghasilkan suatu kesimpulan bahwa Ekuitas Merek air mineral ADES galon cukup tinggi namun tidak ditunjang dengan adanya iklan. Oleh sebab itu pihak perusahaan air mineral ADES sebaiknya lebih meningkatkan kesadaran konsumen akan merek air mineral ADES dengan mengadakan promosi yang lebih gencar terutarna melalui penayangan iklan di televisi, dan juga bisa dilakukan dengan pemasangan papan reklame di tempat-tempat yang strategis atau dengan ikut serta dalam berbagai kegiatan.Selain itu juga meningkatkan keloyalan konsumen agar air mineral ADES galon menjadi produk air minum yang menjadi pilihan seluruh keluarga Indonesia.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 02 Sep 2013 07:23 |
Last Modified: | 02 Sep 2013 07:23 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/4535 |
Actions (login required)
View Item |