Dampak Niat Pembelian Konsumen dan Ekuitas Merek Halal pada Produk Mie Instan Berlabel Halal di Indonesia

Kusuma, Ceini Anggar (2023) Dampak Niat Pembelian Konsumen dan Ekuitas Merek Halal pada Produk Mie Instan Berlabel Halal di Indonesia. Masters thesis, University of Surabaya.

[thumbnail of MM_638_Abstrak.pdf] PDF
MM_638_Abstrak.pdf

Download (49kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/269471

Abstract

Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk menguji dampak niat beli konsumen dan ekuitas merek halal dari perspektif halal, yaitu citra merek halal, persepsi kualitas merek halal, kepuasan merek halal, kepercayaan merek halal, dan loyalitas merek halal. Metode : Penelitian ini menggunakan kuesioner online untuk mengumpulkan data dari 210 responden berusia 17 tahun ke atas yang pernah mengkonsumsi mi instan berlabel halal di Indonesia. Berdasarkan tujuan penelitian, penelitian ini termasuk dalam penelitian dasar. Berdasarkan jenis penelitiannya, penelitian ini termasuk dalam penelitian kausal. Berdasarkan pendekatan penelitian, penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif. Selanjutnya, penelitian ini bertujuan untuk mengelaborasi hubungan antara citra merek halal, persepsi kualitas merek halal, kepuasan merek halal, kepercayaan merek halal, loyalitas merek halal, niat beli, dan ekuitas merek halal. Model teoritis dengan hubungan yang dihipotesiskan dikembangkan dan diuji menggunakan prosedur pemodelan persamaan struktural dalam SPSS AMOS. Hasil : Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa citra merek halal memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap persepsi kualitas merek halal, kepuasan merek halal, kepercayaan merek halal, loyalitas merek halal, dan niat beli. Demikian pula, persepsi kualitas merek halal, kepuasan merek halal, kepercayaan merek halal, dan loyalitas merek halal memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap niat beli. Selanjutnya, kepuasan merek halal secara signifikan dan positif mempengaruhi ekuitas merek halal, namun hubungan anatara kepercayaan merek halal dan ekuitas merek halal tidak dapat dibangun.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Halal Brand Image, Purchase Intention, Halal Brand Equity
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Management
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 20 Nov 2023 07:51
Last Modified: 20 Nov 2023 07:51
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/45366

Actions (login required)

View Item View Item