Analisis Posisi Persaingan di Benak Pengambil Peran Pembelian di Restoran Janur

Atmodjo, Monika Susanti (2000) Analisis Posisi Persaingan di Benak Pengambil Peran Pembelian di Restoran Janur. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/136613

Abstract

Perkembangan bidang usaha restoran atau rumah makan akhir-akhir ini sangat pesat, hal ini dapat dilihat dari munculnya banyak restoran, sehingga persaingan antar restoran semakin ketat.Oleh karena itu pihak manajemen restoran Janur dituntut untuk dapat menyusun suatu kebijaksanaan pemasaran yang tepat, efektif, serta kompetitif, sehingga diharapkan pihak restoran dapat menarik konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang lama. Restoran Janur memilih keluarga sebagai pasar sasarannya hal ini diketahui dari hasil wawancara dengan pemilik restoran dan diperkuat oleh hasil pengamatan pertama dimana mayoritas pengunjung restoran Janur adalah keluarga.Untuk menyusun perencanaan strategi pemasaran yang tepat, maka kita per1u mengetahui siapa saja pengambil peran pembelian di dalam keluarga di restoran Janur, bagaimana situasi posisi persaingan di benak tiap-tiap anggota keluarga, dan faktor-faktor yang mempengaruhi pelanggan Janur dalam memilih restoran Janur. Penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada konsumen yang makan di restoran Janur. Kuesioner ini terdiri dari dua tahap. Kuesioner pertama bertujuan untuk mengetahui siapa saja pengambil peran pembelian dalam keluarga di restoran Janur. Kuesioner kedua bertujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen di restoran Janur, hal-hal yang dipentingkan dalam memilih suatu restoran, serta posisi restoran sejenis yang telah ada menurut penilaian konsumen. Untuk mengetahui posisi persaingan restoran Janur di benak pengambil peran pembelian, metode analisa yang digunakan adalah analisa deskriptif untuk mengetahui siapa saja pengambil peran pembelian dalam keluarga, tingkat loyalitas konsumen. dan latar belakang konsumen. Sedangkan untuk analisa posisi restoran Janur dibandingkan dengan restoran lain digunakan Multidimensional Scaling. Dari hasil analisis tersebut dapat memberikan masukan bagi restoran Janur untuk mengetahui image dan keunggulan Janur di benak pengambil peran pembelian dalam keluarga, mengetahui performance kompetitor dari restoran Janur, selain itu untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi pelanggan Janur dalam memilih restoran Janur. Dan selanjutnya hasil analisis tersebut dapat digunakan untuk menyusun strategi pemasaran yang tepat.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 20 Dec 2013 07:57
Last Modified: 20 Dec 2013 07:57
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/4538

Actions (login required)

View Item View Item