Pengaruh Faktor Eksternal Terhadap Perilaku Impulsive Buying pada Customer E-commerce Shopee

Andrealin, Meilysa Grecia (2023) Pengaruh Faktor Eksternal Terhadap Perilaku Impulsive Buying pada Customer E-commerce Shopee. Masters thesis, University of Surabaya.

[thumbnail of MM_650_Abstrak.pdf] PDF
MM_650_Abstrak.pdf

Download (70kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/269510

Abstract

Dengan kemajuan teknologi yang sudah memasuki berbagai sektor khususnya di Indonesia, membuat perubahan radikal dalam pasar Indonesia. E-commerce hadir sebagai bisnis berbasis teknologi yang saat ini sedang trend di masyarakat menjadi suatu kebiasaan bahkan kebutuhan para penggunanya, perusahaan berbasis teknologi terus berinovasi dalam strategi pemasaran mereka. termasuk pada bidang financial, sejak pandemic COVID 19 semua dipaksa untuk serba digital mengurangi kontak langsung maka fintech dan promosi yang berbasis digital menjadi solusi perekonomian tetap bertahan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat pengaruh faktor eksternal terhadap Impulsive buying pada customer e-commerce shopee. Faktor eksternal yang diteliti adalah BNPL, product knowledge, promotion, financial well-being. Pengumpulan data dilakukan menggunakan bantuan Google Form di mana jumlah sampel yang diolah adalah 150 responden. Dalam pengolahannya, dilakukan pengujian kuesioner dengan bantuan aplikasi software SPSS serta pengujian structural equation model dengan bantuan aplikasi software Amos versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa BNPL, promotion, financial well-being memiliki pengaruh signifikan positif terhadap Impulsive buying customer e-commerce shopee. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa Product knowledge tidak memiliki pengaruh terhadap Impulsive buying customer e-commerce shopee. Hasil analisis penelitian ini mengindikasikan bahwa dengan strategi pemasaran yang baik, inovasi berbasis teknologi, yang mudah dan cepat dari aspek metode pembayaran dan promosi yang diberikan dapat menarik minat untuk para pengguna untuk berbelanja, sehingga dapat meningkatkan transaksi. Hasil analisis penelitian ini juga mengindikasikan bahwa pengetahuan produk tidak akan menimbulkan impulsive buying namun, kemungkinan dapat membuat para pengguna lebih berhati-hati dalam pengambilan keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pemasaran, BNPL, Promosi, Financial, Pengetahuan Produk, Impulsive buying
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Management
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 22 Nov 2023 04:23
Last Modified: 22 Nov 2023 04:23
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/45386

Actions (login required)

View Item View Item