Analisis Perilaku Konsumen Air Minum Aqua Dalam Kemasan Galon

Kawijaya, Wahyudi (2000) Analisis Perilaku Konsumen Air Minum Aqua Dalam Kemasan Galon. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/232180

Abstract

Pada jaman yang telah maju ini, mendorong masyarakat untuk hidup praktis dan mudah. Salah satu perubahan tampak dari selera masyarakat akan kebutuhan air minum yang bersih, sehat dan mudah tersedia, yang pada saat ini semakin sulit untuk didapatkan karena semakin banyaknya limbah. Keadaan itu diantisipasi oleh perusahaan air minum dengan menyediakan air minum yang berbentuk galon yang dapat langsung dikonsumsi oleh masyarakat. Dengan semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat akan air minum, semakin marak pula perusahaan yang menawarkan air minum dalam bentuk galon. Dalam persaingan yang semakin ketat, PT Tirta Investama yang memproduksi air minum dengan merek 'AQUA' harus memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumennya. Salah satunya adalah dengan mengetahui latar belakang dan perilaku konsumen dalam pembelian produknya. Sebab dengan demikian, pihak perusahaan dapat memahami harapan konsumen serta penilaian konsumen terhadap air minum 'AQUA' galon. Dengan memberikan kepuasan kepada konsumen, diharapkan konsumen dapat loyal terhadap 'AQUA' galon. Penelitian perilaku konsumen ini dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada konsumen rumah tangga dan konsumen kantor yang menggunakan AQUA galon. Dari pengolahan dan analisis data maka dapat diketahui latar belakang dan perilaku konsumen. Berdasarkan loyalitas, konsumen rumah tangga dapat dibedakan menjadi 2 yaitu konsumen dengan tingkat loyalitas tinggi dan konsumen dengan tingkat loyalitas rendah, sedangkan untuk konsumen kantor berdasarkan loyalitas termasuk konsumen dengan tingkat loyalitas tinggi. Selain itu dapat mengetahui variabel-variabel yang menimbulkan terjadinya kesenjangan yang berarti variabel-variabel yang menyebabkan ketidakpuasan konsumen terhadap air minum AQUA galon, sehingga langkah terakhir adalah mengusulkan strategi perencanaan pemasaran kepada pihak perusahaan. Berdasarkan kepuasaan diketahui bahwa terdapat kesenjangan pada semua dimensi Marketing Mix (4P) yang ada, sehingga dapat dikatakan bahwa konsumen air minum AQUA galon masih belum terpuaskan. Dalam perencanaan strategi pemasaran, perlu mengetahui segmen pasar yang ada. Dalam hal ini terdapat 2 segmen pasar yaitu segmen pasar untuk konsumen rumah tangga dan kantor. Setelah menetapkan segmen pasar langkah selanjutnya adalah menetapkan target pasar yaitu dengan mengambil semua segmen pasar yang ada. Dan berdasarkan analisis kuadran diketahui prioritas perbaikan untuk konsumen rumah tangga dan kantor adalah dimensi place (mudah didapatkan diberbagai tempat), selanjutnya adalah dimensi promotion (promosi yang menarik), dimensi product (segel dan kemasan yang baik) dan terakhir adalah dimensi price (harga yang sesuai dengan kualitasnya). Diharapkan dengan perencanaan strategi pemasaran yang tepat dan berdasarkan atas keinginan dan kemauan konsumen, pihak perusahaan dapat meningkatkan kepuasan konsumen sehingga pada akhirnya konsumen dapat menjadi loyal terhadap air minum AQUA galon.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 02 Sep 2013 08:58
Last Modified: 02 Sep 2013 08:58
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/4541

Actions (login required)

View Item View Item