Tanubrata, Fera (1999) Perencanaan Strategi Pemasaran di PT. Gunung Sari Intan Elektronika dalam Upaya Meningkatkan Loyalitas Konsumen. [Undergraduate thesis]
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Dewasa ini makin banyak bidang usaha yang dilakukan masyarakat, salah satu adalah pemasaran bidang elektronika, karena dianggap memiliki prospek yang cerah dimasa yang akan datang. Oleh sebab itu banyak terdapat toko elektronika yang tidak hanya menjual produk-produk elektronika tertentu tetapi menjual semua jenis produk elektronika dari berbagai merek sampai berbagai ukuran. Agar dapat bersaing dengan toko elektronika yang lain, sebuah toko elektronika harus dapat memberikan suatu jaminan atas kualitas produk yang dijual dan pelayanan yang baik. Hal ini bertujuan agar dapat membuat konsumen yang membeli produk elektronika di toko elektronik tersebut merasa puas, yang akhirnya akan membuat konsumen tersebut menjadi loyal. PT. Gunung Sari Intan Elektronika adalah salah satu toko elektronik yang menjual berbagai macam dan merek produk elektronika ingin mengetahui apakah konsumen toko tersebut puas dan loyal terhadap toko tersebut. Untuk itu diperl ukan suatu penelitian tentang loyalitas pada toko elektronik tersebut. Penelitian dilakukan dengan cara menyebarkan angket kepada konsumen yang membeli di PT. Gunung Sari lntan tersebut. Hal ini bertujuan untuk mengetahui tingkat loyalitas konsumen yang akhirnya diharapkan untuk dapat meningkatkan volume penjualan produk elektronika. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk mengetahui Jatar belakang konsumen secara umum, analisa faktor untuk mengelompokkan tingkatan loyalitas konsumen, analisa cluster untuk mengelompokkan konsumen berdasarkan tingkat loyalitasnya yang kemudian dilanjutkan dengan analisis diskriminan untuk mengetahui prosentase kebenaran pengelompokan dan mencari variabel yang membedakan cluster tersebut Analisa selanjutnya adalah analisa ketergantungan yang bertujuan mengetahui latar belakang dari cluster yang terbentuk. Kemudian diadakan analisa kuadran yang bertujuan untuk mengetahui variabel-variabel yang menjadi kelemahan-kelemahan pada masing-masing kelompok cluster yang terbentuk. Hasil yang diperoleh diharapkan dapat membantu PT. Gunung Sari Intan Elektronika untuk menyusun strategi pemasaran untuk memperbaiki kelemahan-kelemahan tersebut sehingga konsumen dapat menjadi loyal dan pada akhirnya dapat meningkatkan volume penjualan.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 02 Sep 2013 08:48 |
Last Modified: | 02 Sep 2013 08:48 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/4546 |
Actions (login required)
View Item |