Pengembangan Ketahanan Pangan Melalui Praktik Urban Farming di PKK RW IX Griya Bhayangkara Sidoarjo (Development of Food Security Through Urban Farming Practice in PKK RW IX Griya Bhayangkara Sidoarjo)

Soesanti, Arum and Andajani, Erna and Sasongko, Purnomo Edi (2023) Pengembangan Ketahanan Pangan Melalui Praktik Urban Farming di PKK RW IX Griya Bhayangkara Sidoarjo (Development of Food Security Through Urban Farming Practice in PKK RW IX Griya Bhayangkara Sidoarjo). In: Prosiding Seminar Nasional Publikasi Hasil-Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyaraka, 18 Oktober 2023, Semarang.

[thumbnail of Arum Soesanti_Pengembangan Ketahanan Pangan.pdf] PDF
Arum Soesanti_Pengembangan Ketahanan Pangan.pdf

Download (3MB)

Abstract

Keinginan untuk dapat memenuhi kebutuhan pangan rumah tangga masing-masing yang melatarbelakangi anggota PKK RW IX Griya Bhayangkara Surabaya sangat antusias untuk dapat memanfaatkan area sekitar rumah meskipun lahan terbatas sebagai lahan pertanian perkotaan. Melalui program pemberdayaan kemitraan masayarakat, mitra PKK RW IX Griya Bhayangkara didampingi oleh Universitas Surabaya dan UPN Veteran Jatim dalam upaya peningkatan ketahanan pangan yang dilakukan melalui praktik urban farming. Pada program pemberdayaan masyarakat penting untuk dapat memahami kebutuhan masyarakat dengan baik, sehingga dapat meningkatkan partisipasi dari masyarakat yang akan membuat kegiatan yang dilakukan dapat berkelanjutan. Metode yang digunakan untuk pemetaan kebutuhan masyarakat dilakukan dengan metode survei sebelum pelaksanaan program. Program diawali dengan sosialisasi program kemudian dilakukan pengembangan ketrampilan dalam melakukan praktik urban farming seperti teknik pembuatan media tanam, pembuatan pupuk kompos dan teknik budidaya hidroponik. Setelah itu, dilakukan pendampingan untuk mengatasi kesulitan yang dialami peserta pada saat melakukan praktik. Selain itu, juga dilakukan metode evaluasi ketrampilan dilakukan dengan survey dan monitoring hasil praktik urban farming yang dilakukan para peserta. Hasil pengembangan ketahanan pangan di PKK RW IX Griya Bhayangkara adalah budidaya tanaman yang dikembangkan pada praktik urban farming antara lain ketela, timun, cabai, terong, tomat, sawi daging, bayam dan kangkung. Selain itu, beberapa bahu jalan di pemukiman juga dimanfaatkan sebagai kebun bersama. Hasil dari evaluasi ketrampilan menunjukkan kemampuan peserta yang melakukan praktik urban farming meningkat menjadi 91,67%.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Urban Farming, Ketahanan Pangan, Sidoarjo, PKK RW
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Information Technology
Depositing User: Ester Sri W. 196039
Date Deposited: 11 Jan 2024 07:18
Last Modified: 11 Jan 2024 07:18
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/45684

Actions (login required)

View Item View Item