Pranoto, Nanik Sari (2001) Strategi Pengembangan dan Pemasaran Produk Baru Di Perusahaan Kecap Semar Bojonegoro. [Undergraduate thesis]
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Seiring dengan perubahan selera konsumen, perkembangan teknologi dan persaingan yang ketat antara perusahaan yang memproduksi barang sejenis , maka pengembangan produk bukan hanya yang diinginkan tetapi sudah menjadi keharusan bagi perusahaan. Artinya produk baru sangatlah penting bagi kesuksesan dan kelangsungan hidup perusahaan. Hal ini disebabkan karena suatu produk mempunyai suatu masa atau umur yang terbatas. Karena kita tidak dapat hanya mengharapkan produk yang ada sekarang untuk selalu menghasilkan keuntungan bagi perusahaan. Untuk itu maka harus dipersiapkan produk pengganti atau penerus yang harus dirancang dan dikembangkan dengan seksama. Pendukung keberhasilan pcngembangan produk adalah pemasaran. Bagaimanapun teknologi yang dipakai, haruslah digunakan untuk membuat produk seperti yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen dan produk tersebut harus diposisikan untuk memenuhi kebutuhan dan harapan pasar. Perusahaan Kecap Semar adalah perusahaan yang mempunyai potensi untuk berkembang lebih besar. Untuk memenuhi tuntutan konsumen akan produk kecap yang sesuai dengan keinginan konsumen maka hal ini mendorong perusahaan untuk mengem-bangkan produk baru yang tidak hanya berdasarkan intuisi belaka tetapi didasarkan pada penelitian atau survey. Adapun cara yang dipandang terbaik untuk pencarian data adalah dengan menggunakan kuesioner. Dari kuesioner nanti didapatkan data yang kemudian diolah dengan program SPSS version 7,5 for Windows. Dengan berbagai analisis yang telah dilakukan antara lain analisis deskriptif, analisis faktor, analisis cluster, analisis diskriminan, analisis manova, analisis gap 5, analisis ketergantungan maka perusahaan dapat merancang produk baru dan strategi pemasaran yang mendukung produk baru tersebut bersaing di pasaran. Berdasarkan analisis data, didapatkan informasi bahwa secara garis besar konsumen yang sangat bervariasi dapat dikelompokkan menjadi dua kelompok yang masing-masing konsumen dalam kelompok mempunyai kemiripan pola perilaku antara konsumen. Strategi pengembangan produk baru untuk cluster 1 dititik beratkan untuk produk pada faktor kemasan, faktor produk aktual dan produk tambahan, faktor produk inti, faktor mutu, untuk harga sesuai dengan kualitas produk yang ditawarkan, untuk sistem distribusi menggunakan saluran distribusi produsen, pengecer, konsumen dengan tempat di toko, untuk promosi dengan memberikan kain-kain promosi atau spanduk. Strategi pengembangan produk baru untuk cluster 2 dititik beratkan untuk produk pada faktor kemasan, faktor produk aktual dan produk tambahan, faktor produk inti, faktor mutu, untuk harga sesuai dengan kualitas produk yang ditawarkan, untuk sistem distribusi menggunakan saluran distribusi produsen, pengecer, konsumen dengan tempat di pasar, untuk promosi dengan memberikan piring atau gelas pada setiap pembelian produk kecap Semar.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 03 Sep 2013 07:27 |
Last Modified: | 03 Sep 2013 07:27 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/4572 |
Actions (login required)
View Item |