Kekuatan Karakter Siswa Menuju Generasi Emas Indonesia

Ramadhani, Hetti Sari and Pudjibudojo, Jatie Kusmiati Kusna and Pandjaitan, Lena Nessyana (2022) Kekuatan Karakter Siswa Menuju Generasi Emas Indonesia. In: Prosiding Seminar Nasional Dan Call For Paper Konsorsium Untag Se - Indonesia Tahun 2022, 30 November 2022, Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda.

[thumbnail of OMP+PROSIDING+UNTAG.pdf] PDF
OMP+PROSIDING+UNTAG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL / DOI: https://penerbit.tahtamedia.co.id/index.php/omp/ca...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi pengembangan karakter siswa. Karena pandemi para siswa melakukan pembatasan sosial hampir setiap hari, jarang terlibat dalam kegiatan bersama, dan belajar mandiri dengan kelas online. Penelitian sebelumnya telah menunjukkan pentingnya kekuatan karakter bagi setiap institusi pendidikan di abad ke-21 . Subjek penelitian adalah 113 siswa (54 laki-laki dan 57 perempuan) yang mengisi 12 item dimensi kemanusiaan dalam skala VIA-Youth online dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter kebaikan menjadi karakter tertinggi bagi siswa (37%), kemudian karakter cinta (34%) dan karakter kecerdasan sosial (29%). Mayoritas siswa memiliki kekuatan karakter dalam kategori sedang sebesar 63%, kategori tinggi sebesar 33% dan kategori rendah sebesar 13%. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pengembangan diri siswa sebagai generasi emas terutama setelah melalui masa sulit pandemi. Kata kunci Kekuatan karakter, pengembangan potensi, siswa

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci Kekuatan karakter, pengembangan potensi, siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: hetti sari ramadhani
Date Deposited: 25 Jan 2024 09:02
Last Modified: 25 Jan 2024 09:02
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/45786

Actions (login required)

View Item View Item