Perencanaan Ulang Strategi Bisnis Di PT. Rejeki Plastik

., Yuliani (2001) Perencanaan Ulang Strategi Bisnis Di PT. Rejeki Plastik. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/136440

Abstract

PT. Rejeki Plastik adalah sebuah perumhaan yang bergerak di bidang houseware dan packaging yang diproduksi secara injection dan bekerja secara job order serta memiliki pola aliran produksi flow shop. Sesuai dengan misi perusahaan, perusahaan ini berniat untuk melakukan perencanaan ulang strategi bisnis yang dilaksanakan dengan memilah-milah strategi bisnis unit yang mana yang menguntungkan dan mana yang tidak Berdasarkan unit bisnis strategi bisnis yang ada strategi yang akan dilakukan adalah penetrasi pasar. Unit Bisnis Stmtegi(JBS) yang dimiliki ada 3 macam yaitu: produk kemasan bulanan, produk nonkemasan bulanan dan produk kemasan dan non kemasan dengan periode permintaan lebih besar dari I bulan. Perusahaan menekankan strategi bisnisnya pada unit bisnis strategi produk kemasan dan non kemasan bulanan yang mana dilakukan investasi untuk penambahan kapasitas poduksi yang ditentukan dari besar permintaan kedua produk tersebut. Adapun untuk unit bisnis strategi produk kemasan dan non kemasan dengan periode lebih besar dari 1 bulanan, pemenuhan permintaan didapatkan dari sisa kapasitas produksi. Untuk meningkatkan kapasitas mesin injection terdapat empat alternatif yaitu: - Membeli I unit mesin tonase 50 type I dan I unit mesin tonase 350 type I - Membeli 1 unit mesin tonase 50 type II dan I unit mesin tonase 350 type I - Membeli I unit mesin tonase 50 type I dan I unit mesin tonase 350 type II - Membeli I unit mesin tonase 50 type II dan 1 unit mesin tonase 350 type II. Keempat alternatif tersebut layak dilaksanakan bila ditinjau dari aspek pasar, aspek teknis dan aspek keuangan. Setelah dilakukan analisis pemilihan alternatif dengan perbandingan faktor-faktor IRR, Payback Period dan kemudahan pengoperasian maka dipilih alternatif I. Alternatif I memiliki MARR sebesar 5,66667% menghasilkan NPV sebesar Rp 310.525.324,88 dan IRR sebesar 2l,875%. Dari hasil analisa sensitivitas terhadap alternatif terpilih diperoleh kenaikan harga beli bahan baku maksimum l0,l04l%, penurunan harga jual produk maksimum 5,3489% agar proyek tetap layak. Dalam peningkatan kapasitas produksi dilakukan juga perbaikan layout didapatkan pengurangan total jarak sebanyak 13,54%, pengurangan momen handling sebanyak 18,44% dan total waktu material handling sebanyak 13,42%. Selain usaha peningkatan kapasitas sesuai dengan misi perusahaan yang ingin selalu mengirim order tepat waktu maka dilakukan pembenahan dalam sistem informasi penerimaan order dan juga pembuatan algoritma penentuan due date. Dari hasil studi kasus yang dilahrkan algoritma penentuan due date ini dapat menghasilkan waktu penyelesaian order yang cukup tepat sehingga sekiranya dapat diterapkan sebagai masukan oleh perusahaan dalam melakukan penerimaan order.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: perencanaan uleng strategi bisnis, peningkatan kapasitas, due date
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 03 Sep 2013 09:00
Last Modified: 03 Sep 2013 09:00
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/4606

Actions (login required)

View Item View Item