Layunwira, Leonardo Dicaprio (2024) Perancangan Strategi Perbaikan Untuk Meningkatkan Loyalitas Konsumen Smartphone Xiaomi kelas Mid Range dengan Metode Markov Chain and Quality Function Deployment (QFD). [Undergraduate thesis]
PDF
TM_4665_Abstrak.pdf Download (59kB) |
Abstract
Xiaomi merupakan salah satu smartphone dari China yang telah lama memasuki pasar Indonesia sejak 2014 yang dimana pada tahun tersebut Xiaomi telah mendominasi pasar dan berada pada posisi ketiga diseluruh dunia tetapi pada saat ini Xiaomi mengalami banyak penurunan dalam penjualan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pangsa pasar Xiaomi menggunakan Markov Chain, menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen, dan merancang usulan perbaikan mengunakan matriks QFD yaitu House Of Quality (HOQ) untuk meningkatkan loyalitas konsumen Xiaomi dan untuk mencegah perpindahan merk. Agar dapat mencapai tujuan tersebut maka dilakukan penyebaran kuisioner terkait loyalitas dan perpindahan merek yaitu terkait smartphone yang digunakan saat ini, apakah pernah menggunakan Xiaomi atau tidak,dan smartphone yang digunakan sebelumnya kemudian dari hasil kuisioner tersebut lalu akan diolah menggunakan metode Markov chain dimana hasil yang didapatkan yaitu pangsa pasar Xiaomi pada Periode I yaitu sebesar 35,71 tetapi turun pada periode ke II dimana pangsa pasar Xiaomi turun menjadi 21 dimana terjadi penurunan sebesar 14,71, karena dari hasil penelitian banyak pelanggan Xiaomi yang berpindah ke merk lain dan untuk meningkatkan maka perlu di lakukan perbaikan menggunakan Quality Functon Deployment (QFD) dengan cara membuat matriks HOQ (House Of Quality) maka didapatkan 4 rancangan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan Xiaomi yaitu Kerja sama dengan Public Figure dan Influencer, Peningkatan kualitas yang tahan jika jatuh dan spesifikasi produk yang perlu ditingkatkan yaitu sistem operasi dan kapasitas baterai serta juga kapasitas penyimpanan pada smartphone Xiaomi, Promosi harga dengan cara mencari bahan baku komponen yang lebih murah tetapi dengan kualitas yang masih tergolong bagus, dan Dengan memberikan bonus Mi watch atau smartphone limited edition dengan harga yang lebih murah tetapi hanya untuk customer yang melakukan transaksi dalam rentang 1 tahun. Dengan diberikannya usulan perbaikan ini diharapkan dapat meningkatkan loyalitas pelanggan Xiaomi.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Loyalitas Pelanggan, Markov Chain, QFD |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering |
Depositing User: | Hari Subagijo 201031 |
Date Deposited: | 26 Mar 2024 03:58 |
Last Modified: | 26 Mar 2024 03:58 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/46177 |
Actions (login required)
View Item |