Pengembangan Model Optimasi untuk Meminimumkan Jumlah Gate yang Dibuka dengan Mempertimbangkan Status Kedatangan Truck pada Warehouse PT. X

Ibrahim, Christian Yavin (2024) Pengembangan Model Optimasi untuk Meminimumkan Jumlah Gate yang Dibuka dengan Mempertimbangkan Status Kedatangan Truck pada Warehouse PT. X. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_4687_Abstrak.pdf] PDF
TM_4687_Abstrak.pdf

Download (39kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/270999

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada optimasi penentuan jumlah gate warehouse di PT X, cabang Sidoarjo, yang merupakan perusahaan agribisnis terkemuka. Tujuan utama adalah mengatasi masalah antrean truk yang timbul dari ketidakpastian demand kedatangan truk, terutama selama proses loading produk. Kondisi saat ini di PT X menentukan jumlah gate berdasarkan forecast demand dari divisi sales and marketing, yang sering kali tidak akurat, menyebabkan antrean truk yang panjang dan alokasi operator yang tidak efisien. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian ini mengembangkan model matematika dengan variabel keputusan yang meliputi jumlah gate yang dibuka dan urutan alokasi truk. Model dirancang untuk memastikan efisiensi waktu dan sumber daya dengan meminimalkan jumlah gate aktif. Model ini juga mempertimbangkan ketidakpastian dalam kedatangan truk dengan menerapkan berbagai skenario. Model yang robust diuji melalui simulasi menggunakan Python dan Pulp, dengan skenario deterministik berdasarkan data kedatangan truk yang pasti dan skenario probabilistik yang mempertimbangkan distribusi frekuensi kedatangan truk yang tidak pasti. Hasil pengujian menunjukkan bahwa robust scheduling meningkatkan efisiensi gate warehouse dengan menyesuaikan jumlah gate yang dibuka sesuai kebutuhan aktual. Pengujian model menggunakan Python dan Pulp menunjukkan bahwa model yang robust dapat mengatasi ketidakpastian penggunaan gate warehouse menyesuaikan jumlah gate yang dibuka. Penelitian ini juga mengungkap dampak negatif dari penentuan jumlah gate yang tidak efisien pada operasional PT X, termasuk penurunan utilitas kerja dan service level, menekankan pentingnya koordinasi antara departemen Sales and Marketing dengan departemen Plant. Penelitian ini juga menganalisis dampak penentuan jumlah gate yang tidak efisien pada operasional PT X, termasuk penurunan utilitas kerja dan service level. Analisis menunjukkan pentingnya koordinasi antara departemen Sales and Marketing dengan departemen Plant. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk mengatasi masalah yang ada, termasuk batasan pembelian untuk konsumen, penggunaan platform digital dalam penentuan jumlah gate, dan kebijakan baru untuk penggunaan area parkir dan proses loading. Rekomendasi ini diharapkan meningkatkan efisiensi operasional PT X dan mengurangi ketidakpastian dalam penentuan jumlah gate. Kesimpulan utama adalah perlunya penerapan teknologi, seperti IoT, untuk otomatisasi dan integrasi data yang lebih baik, serta koordinasi antar departemen yang lebih efektif.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Penentuan Jumlah Gate Warehouse, Model Robust, Integer Linear Programming
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Hari Subagijo 201031
Date Deposited: 22 Apr 2024 07:09
Last Modified: 22 Apr 2024 07:09
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/46256

Actions (login required)

View Item View Item