Perlindungan Hukum bagi Konsumen Pemilik Mobil Jeep Grand Cherokee atas Cacat Produk pada Fitur Keamanan Airbag

Putra, Stenley Pranata Kurnia (2024) Perlindungan Hukum bagi Konsumen Pemilik Mobil Jeep Grand Cherokee atas Cacat Produk pada Fitur Keamanan Airbag. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of PE_3876_Abstrak.pdf] PDF
PE_3876_Abstrak.pdf

Download (39kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/271157

Abstract

Perkembangan sektor bisnis di Indonesia mengalami perubahan yang cukup pesat. Perkembangan tersebut mencakup seluruh faktor kehidupan masyarakat, tidak terkecuali adalah bidang transportasi. Transportasi adalah kebutuhan pokok bagi masyarakat, khususnya kelas pekerja. Bentuk transportasi yang menjadi kebutuhan bagi masyarakat kelas pekerja adalah mobil pribadi. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat bahwa penjualan mobil di pasar domestik dari pabrik ke dealer (wholesales) mencapai 1.048.040 unit sepanjang 2022. Peningkatan angka penjualan tersebut tidak lepas dari berbagai macam cara pemasaran yang dilakukan oleh pelaku usaha. Cara pemasaran yang dilakukan oleh pelaku usaha sendiri dapat berupa iklan melalui televisi, iklan melalui media sosial, serta melalui brosur pada laman resmi milik pelaku usaha. Pada umumnya, pemasaran produk mobil yang dilakukan oleh pelaku usaha mencantumkan keunggulan fitur yang terpasang pada produk mobil tersebut, termasuk fitur keamanan seperti airbag serta active emergency braking. Namun pada kenyataannya, kedua fitur keamanan tersebut belum diatur standardisasinya dan belum diatur dalam peraturan perundang-undangan di Indonesia. Fitur keamanan produk mobil yang belum memiliki standardisasi nasional serta tidak terdapat dalam peraturan perundang-undangan dapat membahayakan keselamatan konsumen. Sehingga Undang-Undang Perlindungan Konsumen berperan penting bagi konsumen yang membeli produk mobil ini. Ketika terdapat konsumen yang dirugikan, konsumen dapat menuntut ganti kerugian pada pelaku usaha melalui Undang-Undang Perlindungan Konsumen atau Pasal 1365 Kitab Undang- Undang Hukum Perdata.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Ganti Kerugian, Iklan, Perlindungan Konsumen, Standardisasi.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Perpustakaan UBAYA
Date Deposited: 24 May 2024 03:25
Last Modified: 24 May 2024 03:25
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/46413

Actions (login required)

View Item View Item