Pengaruh Pola Konsumsi Terhadap Dewasa Obesitas Dan Non Obesitas (The Relationship Of Consumption Patterns To Obesity And Non- Obesity Adults)

Suryadinata, Rivan Virlando and Lorensia, Amelia (2024) Pengaruh Pola Konsumsi Terhadap Dewasa Obesitas Dan Non Obesitas (The Relationship Of Consumption Patterns To Obesity And Non- Obesity Adults). Jurnal Ilmu Kesehatan, 12 (2). pp. 144-149. ISSN 2303-1433; E-ISSN 2579-7301

[thumbnail of Rivan Virlando_PENGARUH POLA KONSUMSI TERHADAP DEWASA OBESITAS DAN NON OBESITAS.pdf] PDF
Rivan Virlando_PENGARUH POLA KONSUMSI TERHADAP DEWASA OBESITAS DAN NON OBESITAS.pdf

Download (13MB)
Official URL / DOI: https://ejurnaladhkdr.com/index.php/jik/article/vi...

Abstract

Pendahuluan: Ketidakseimbangan asupan dan pengeluaran energi menjadi salah satu faktor dari peningkatan berat badan. Perubahan gaya hidup yang meliputi pola konsumsi dan penurunan aktivitas fisik dapat meningkatkan jumlah penderita obesitas. Pada kelompok usia dewasa yang menderita obesitas akan memiliki dampak terhadap penurunan produktivitas dan peningkatan beban ekonomi. Berbagai macam penyakit metabolik akibat obesitas juga akan memperberat beban ekonomi negara. Perubahan pola konsumsi dapat menjadi solusi pencegahan obesitas pada kelompok dewasa. Penelitian bertujuan untuk menganalisis pola konsumsi terhadap obesitas pada usia dewasa. Metodologi: Penelitian ini merupakan observational dengan menggunakan metode case control. Pengumpulan sampel dengan teknik purposive sampling. Populasi penelitian adalah masyarakat usia dewasa di surabaya. Subyek penelitian berjumlah 77 orang dengan obesitas dan 77 Orang non obesitas. Penelitian dilakukan dengan wawancara menggunakan Food Frequency Questionnaire (FFQ). Hasil: Data yang diperoleh dilakukan analisis dengan menggunakan uji odd ratio. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh pola konsumsi pada kelompok obesitas dibandingkan non obesitas terhadap asupan kalori (OR=3.35; p=0.02). Kesimpulan: peningkatan asupan kalori pada dewasa obesitas mencapai lebih dari 3 kali lipat dibandingkan dewasa non obesitas.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Konsumsi Kalori, Dewasa, Obesitas
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medical
Depositing User: Ester Sri W. 196039
Date Deposited: 27 May 2024 07:42
Last Modified: 27 May 2024 07:42
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/46445

Actions (login required)

View Item View Item