Soeherman, Bonnie and Putra, Aris Surya (2024) Metafora Kuda Troya Dan Akuntansi Inovasi Dalam Meningkatkan Nilai Bisnis. Jurnal Akuntansi Multiparadigma or Journal of Multiparadigm Accounting (JAMAL), 15 (1). ISSN 2086-7603; e-ISSN 2089-5879 (In Press)
PDF
METAFORA KUDA TROYA DAN AKUNTANSI INOVASI DALAM MENINGKATKAN NILAI BISNIS _ Soeherman _ Jurnal Akuntansi Multiparadigma.pdf Download (172kB) |
Abstract
Metafora Kuda Troya dan Akuntansi Inovasi dalam Meningkatkan Nilai Bisnis Tujuan Utama - Penelitian ini bertujuan memberi wawasan tentang peran akuntansi inovasi dalam meningkatkan nilai dan memitigasi risiko bisnis. Metode - Penelitian interpretif ini menggunakan metode studi kasus social media dan social commerce. Adapun data yang diacu terkait dengan aplikasi luaran ByteDance dan Tiktok. Temuan Utama - ByteDance mengeksekusi strategi kuda troya dalam penciptaan ekosistem bisnis. Strategi ini terwujud dalam Tiktok sebagai kuda troya, Capcut semacam “opium”, dan Tiktok Shop adalah pasukan penyerang. Implementasi pengukuran akuntansi inovasi yang mengadopsi pirate metrics dapat mempertanggungjawabkan ekosistem ini. Implikasi Teori dan Kebijakan - Akuntansi inovasi tidak meniadakan akuntansi konvensional melainkan mengisi kekosongan yang tidak terakomodasi. Bisnis internasional perlu mengkaji kondisi lingkungan eksternal secara holistik seperti aspek legal, budaya, dan politik. Kebaruan Penelitian – Penelitian ini membahas secara khusus peran akuntansi inovasi serta isu akuntabilitas pada bisnis digital.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | akuntansi inovasi; kuda troya; startup; tiktok |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Faculty of Business and Economic > Department of Accounting |
Depositing User: | Ester Sri W. 196039 |
Date Deposited: | 05 Jun 2024 01:31 |
Last Modified: | 05 Jun 2024 01:31 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/46489 |
Actions (login required)
View Item |