Pengaruh Psikoedukasi Terkait Empati Pada Siswa Sekolah Inklusi Berdasarkan Pendidikan Inklusi dan Jenis Kelamin

Purwanto, Elizabeth Joscelyn and Dewi, Ni Putu Ayu Cintya Kencana and Sari, Nyoman Kartika and Putra, Nyoman Heryawan Marttama Yunantara and Mukti, Dewi Nur Wijayanti and Arief, Eva Bibiena Putri and Putri, Kinanti Astria Purnama and Elgeka, Honey Wahyuni Sugiharto (2024) Pengaruh Psikoedukasi Terkait Empati Pada Siswa Sekolah Inklusi Berdasarkan Pendidikan Inklusi dan Jenis Kelamin. Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan, 14 (2). pp. 105-110. ISSN 2088-2092; e-ISSN 2548-6721

[thumbnail of Honey Wahyuni_Pengaruh Psikoedukasi.pdf] PDF
Honey Wahyuni_Pengaruh Psikoedukasi.pdf

Download (2MB)
Official URL / DOI: https://ojs.unm.ac.id/pubpend/article/view/43014

Abstract

Empati adalah suatu perasaan manusia yang menjadi elemen dasar dari komponen kognitif dan afektif (emosional) serta digambarkan sebagai struktur yang multidimensi. Tujuan dari pengabdian ini adalah ingin melihat pengaruh pendidikan inklusi dan jenis kelamin terhadap empati siswa sekolah inklusi melalui modul psikoedukasi. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian eksperimen yaitu one group pre-test and post-test design. Teknik analisis data yang digunakan adalah menganalisis dengan Rasch Model dan SPSS. Hasil penelitian dari paired t-test diketahui bahwa nilai t = -8.089, p < 0,05 yang menunjukkan bahwa adanya pengaruh pemberian modul empati pada siswa SD inklusi. Pemberian psikoedukasi pada siswa inklusi perlu dilakukan khususnya untuk meningkatkan empati di dalam kehidupan siswa di sekolah inklusi. Guru dan orang tua memiliki peran yang besar dalam meningkatkan empati bagi setiap siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Empati, Inklusi, Modul Psikoedukasi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Psychology
Depositing User: Ester Sri W. 196039
Date Deposited: 18 Jun 2024 02:23
Last Modified: 18 Jun 2024 02:23
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/46559

Actions (login required)

View Item View Item