Dukungan Evidence Potensi Pemanfaatan ChatGPT Untuk Problem-Based Learning Dalam Perspektif Global

Baharuddin, Baharuddin and Wijaya, Adi (2024) Dukungan Evidence Potensi Pemanfaatan ChatGPT Untuk Problem-Based Learning Dalam Perspektif Global. In: Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Sains (SemBioSis) 3, 25 November 2023, FMIPA Universitas Negeri Gorontalo.

[thumbnail of Baharuddin_DUKUNGAN EVIDENCE POTENSI PEMANFAATAN CHATGPT.pdf] PDF
Baharuddin_DUKUNGAN EVIDENCE POTENSI PEMANFAATAN CHATGPT.pdf

Download (861kB)
Official URL / DOI: https://conf.ung.ac.id/index.php/sembiosis/catalog...

Abstract

Penggunaan teknologi Artificial Intelligence (AI), khususnya ChatGPT, dalam konteks Problem-Based Learning (PBL) memicu debat di kalangan akademis. Penelitian ini bertujuan menggali bukti empiris untuk mendukung potensi pemanfaatan ChatGPT dalam PBL. Dengan mengadopsi pendekatan scientific literature review dan bibliometric analysis, penelitian ini menyelidiki keterkaitan antara ChatGPT dan PBL dari perspektif global. Metodologi penelitian mengikuti kerangka kerja PRISMA flow chart untuk memastikan kredibilitas dan objektivitas data. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa tingkat akurasi penggunaan ChatGPT dalam domain akademik mencapai sekitar 80%. Analisis bibliometrik menunjukkan empat klaster utama: language model, artificial intelligence, learning system, dan internet web-based application. Dua di antaranya menunjukkan perkembangan penelitian yang signifikan. Temuan ini menegaskan potensi besar penggunaan ChatGPT dalam dunia pendidikan, khususnya dalam implementasi PBL.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: ChatGPT, problem-based learning, evidence, bibliometrik
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Medical
Depositing User: Ester Sri W. 196039
Date Deposited: 19 Jun 2024 01:49
Last Modified: 19 Jun 2024 01:49
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/46569

Actions (login required)

View Item View Item