Pengaruh Penggunaan Stimulus Subliminal pada Pembentukan Persepsi Harga

Magdalena, Maria (2001) Pengaruh Penggunaan Stimulus Subliminal pada Pembentukan Persepsi Harga. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/148900

Abstract

Pertentangan seputar keefektifan stimulus subliminal menarik perhatian peneliti untuk meneliti sendiri sejauh apa stimulus subliminal efektif dalam membentuk persepsi. Sejumlah teori yang ada menyebutkan bahwa stimulus subliminal efektif karena stimulus tersebut dihadirkan di bawah ambang kesadaran sehingga tidak dapat ditolak kehadirannya oleh individu yang dikenai stimulus tersebut. Selain itu juga karena stimulus subliminal dihadirkan berulang kali sehingga terbentuk dalam ingatan individu itu. Selain itu ada pula teori yang menyatakan bahwa stimulus subliminal tidak efektif karena sifatnya yang terlalu lemah. Pendukung teori ini juga menyatakan pengingat. Ada pula yang menyatakan bahwa stimulus subliminal hanya dapat membangkitkan dorongan-dorongan dasar (basic drives) saja. Peneliti dalam penelitian ini menggunakan stimulus subliminal informasi harga dan menilai efektivitasnya dalam membentuk persepsi harga. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen yang melibatkan tiga kelompok, yaitu kelompok eksperimen I, kelompok eksperimen II, dan kelompok kontrol yang masing-masing terdiri dari 10 subyek. Data yang diperoleh dari penelitian ini diolah secara kualitatif. Setiap subyek dalam penelitian ini diberikan treatment yang berupa film iklan warung internet A Net, kemudian diberikan angket untuk mengungkap pengaruh stimulus subliminal. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa stimulus subliminal informasi harga kurang efektif dalam membentuk persepsi harga. Dari sisi sifat stimulusnya, hal ini disebabkan karena stimulus bukan merupakan dorongan dasar dan lemahnya kehadiran stimulus. Sedangkan dari sisi subyek, tingkat perhatian yang diberikan terhadap media film iklan memegang peranan penting dalam keberhasilan suatu stimulus subliminal untuk membentuk persepsi. Selain itu pula diperoleh basil bahwa ada sebagian subyek yang merespon berdasarkan hasil perbandingannya antara tarif warung internet yang tidak menggunakan film iklan dengan yang menggunakan film iklan. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penggunaan stimulus subliminal hanya efektif sebagai iklan pengingat persepsi yang telah dimiliki subyek dan yang membangkitkan basic drives.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Karyono
Date Deposited: 06 Sep 2013 02:12
Last Modified: 06 Sep 2013 02:12
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/4657

Actions (login required)

View Item View Item