Hubungan Antara Persepsi Konsumen Terhadap Penataan Barang Serta Harga Dan Sikap Pelayanan Pramuniaga Dengan Minat Beli Konsumen

Widiyanti, Chatarina Retty Dewi (2001) Hubungan Antara Persepsi Konsumen Terhadap Penataan Barang Serta Harga Dan Sikap Pelayanan Pramuniaga Dengan Minat Beli Konsumen. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/148966

Abstract

Salah satu faktor psikologi yang mempengaruhi individu dalam memutuskan pembelian pada supermarket adalah minat beli. Minat beli merupakan faktor penentu terjadinya perilaku membeli, karena itu supermarket berusaha membangkitkan minat beli konsumennya. Penataan barang, sikap pelayanan pramuniaga, dan harga merupakan faktor-faktor yang penting untuk menimbulkan kesan pada konsumen., sehingga membangkitkan minat beli. Karena itu penelitian ini diadakan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penataan barang, pelayanan pramuniaga dan harga terhadap persepsi konsumen sehingga muncul minat beli. Metode sampling yang digunakan adalah Purposive dan Incidental sampling. Subyek penelitian adalah konsumen Nina Fair Price jalan Jemur sari Surabaya, khususnya wanita yang berusia diatas 15 tahun, yang datang pada saat angket dibagikan, sejumlah 60 orang. Data diambil dengan menggunakan 4 angket terbuka yang disusun menurut Skala Likert, yaitu; angket penataan barang sejumlah 10 item sahih semua, pelayanan pramuniaga 10 item gugur 1, angket harga 5 item sahih semua, angket minat beli 10 item gugur 2. Uji hipotesis diketahui bahwa ada hubungan antara penataan barang, harga dan pelayanan pramuniaga dengan minat beli konsumen. Hasil pengujian statistik korelasi parsial jenjang kedua dan analisis regresi dengan 2 prediktor adalah koefisien korelasi antara penataan barang dengan minat membeli 0,057, koefisien korelasi pelayanan pramuniaga dengan minat beli 0,113 dan koefisien korelasi minat beli terhadap harga 0,509. Yang memberikan sumbangan terbesar terhadap minat beli adalah persepsi terhadap harga (39,960%), terhadap penataan barang (8,904%) dan yang memberikan sumbangan terkecil pelayanan pramuniaga (2,786%). Hal ini disebabkan karena persaingan diantara supermarket sudah semakin ketat pada penataan barang dan pelayanan pramuniaga, sehingga saat ini faktor harga yang sangat berpengaruh untuk menarik minat beli konsumen. Adapun saran bagi peneliti lain untuk memperbanyak sampel, sehingga pembahasan akan lebih kaya. Bagi masyarakat hendaknya faktor harga dipakai sebagai acuan dalam memilih supermarket yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuannya.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Karyono
Date Deposited: 06 Sep 2013 02:19
Last Modified: 06 Sep 2013 02:19
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/4658

Actions (login required)

View Item View Item