Implikasi terhadap Berbedanya Pihak yang Terikat pada Perjanjian dengan Pengguna Bangunan yang Menikmati Obyek Hukum pada Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik

Purba, Ceisar Eben Ezer (2024) Implikasi terhadap Berbedanya Pihak yang Terikat pada Perjanjian dengan Pengguna Bangunan yang Menikmati Obyek Hukum pada Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik. Masters thesis, University of Surabaya.

[thumbnail of MH_368_Abstrak.pdf] PDF
MH_368_Abstrak.pdf

Download (89kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/271338

Abstract

Tesis ini bertujuan untuk untuk menganalisis praktek pelaksanaan jual beli tenaga listrik yang dilandasi oleh perjanjian jual beli tenaga listrik dimana sering ditemukan konsumen melakukan peralihan penguasaan bangunan baik secara jual beli, sewa-menyewa atau pinjam pakai tanpa dilakukan pembaharuan perjanjian tenaga listrik dari pemilik bangunan yang lama kepada pemilik/penghuni bangunan yang baru. Perihal tersebut menyebabkan ketidaksesuaian antara para pihak yang telah terikat pada perjanjian jual beli tenaga listrik dengan pihak lainnya yang melakukan penguasaan terhadap bangunan, sehingga subjek perjanjian telah berbeda dan jual beli tenaga listrik tidak memilik alak has yang sah. Perbedaan antara pengguna bangunan dengan pihak konsumen yang terikat pada perjanjian jual beli tenaga listrik ini akan berpotensi menyebabkan permasalahan hukum apabila terjadi peristiwa wanprestasi atau tidak terpenuhinya hak dan kewajiban para pihak, sehingga dibutuhkan upaya hukum apabila permasalahan ini terjadi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Perikatan perjanjian, Perjanjian jual beli, Tenaga listrik, Upaya hukum.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Law
Depositing User: Perpustakaan UBAYA
Date Deposited: 21 Jun 2024 04:22
Last Modified: 21 Jun 2024 04:22
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/46590

Actions (login required)

View Item View Item