Terapi Brief Mindfulness Based Stress Reduction (MBSR) untuk menurunkan Psychological Distress pada Individu Dewasa Awal Penderita Gerd

Shaviratri, Aninditya Maria (2024) Terapi Brief Mindfulness Based Stress Reduction (MBSR) untuk menurunkan Psychological Distress pada Individu Dewasa Awal Penderita Gerd. Masters thesis, University of Surabaya.

[thumbnail of MPSI_738_Abstrak.pdf] PDF
MPSI_738_Abstrak.pdf

Download (43kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/271582

Abstract

Individu dewasa awal rentan mengalami distress psikologis yang mayoritas disebabkan oleh tuntutan di lingkungan sosial, keluarga dan pekerjaan. Kondisi distress digambarkan dengan perubahan kondisi emosional dan ketidakmampuan mengatasi masalah. Penelitian terdahulu menyatakan perubahan kondisi emosional akan berpengaruh terhadap kondisi fisiologis. Pada penelitian ini, kondisi fisiologis yang menjadi fokus yakni gastroesophageal reflux disease (GERD). Individu yang sebelumnya menderita GERD, rentan mengalami kekambuhan ketika berada pada kondisi distress. Mengatasi kondisi ini maka terapi Brief Mindfulness-Based Stress Reduction (MBSR) diberikan dengan tujuan untuk menurunkan distress psikologis pada individu dewasa awal yang menderita gastroesophageal reflux disease (GERD). Metode penelitian yang digunakan yakni kuantitatif dan kualitatif baik pada saat asesmen, intervensi dan follow-up. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen one group pre-test post-test untuk melihat dampak terapi terhadap penurunan distress psikologis. Terapi diberikan secara brief selama empat pertemuan dengan masing-masing pertemuan terdiri dari dua sesi. Hasil intervensi menunjukkan bahwa ditemukan penurunan skor distress disertai dengan peningkatan keterampilan mindfulness. Salah satu faktor yang mendukung hasil ini yakni adanya komitmen dan niat partisipan selama mengikuti intervensi dan mengerjakan tugas rumah. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan teknik MBSR untuk mengatasi permasalahan psikologis lainnya pada penderita GERD.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Distress psikologis, GERD, Mindfulness based-stress reduction
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Psychology
Depositing User: Perpustakaan UBAYA
Date Deposited: 21 Jun 2024 09:08
Last Modified: 21 Jun 2024 09:08
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/46625

Actions (login required)

View Item View Item