Promosi Yang Menyesatkan Pada Bungkus Rokok: Rokok Dapat Menimbulkan Kesehatan

Nathalie, Jennifer (2023) Promosi Yang Menyesatkan Pada Bungkus Rokok: Rokok Dapat Menimbulkan Kesehatan. UNES Law Review, 5 (4). pp. 2704-2713. ISSN 2654-3605; E-ISSN 2622-7045

[thumbnail of PROMOSI YANG MENYESATKAN PADA BUNGKUS ROKOK: ROKOK DAPAT MENIMBULKAN KESEHATAN] PDF (PROMOSI YANG MENYESATKAN PADA BUNGKUS ROKOK: ROKOK DAPAT MENIMBULKAN KESEHATAN)
594-Article Text-2311-1-10-20230621.pdf

Download (412kB)
Official URL / DOI: https://review-unes.com/index.php/law/article/view...

Abstract

Penelitian hukum terhadap tindakan promosi yang menyesatkan oleh produsen rokok ST dilakukan karena banyak dijumpai pelaku usaha yang memproduksi, menjual dan mengiklankan produknya tidak sesuai dengan manfaat yang dihasilkan dari penggunaan produk tersebut. Sedangkan di lain sisi, banyak konsumen rokok tersebut yang masih belum mawas diri mengenai promosi menyesatkan yang dilakukan oleh pelaku usaha. Meskipun tujuan pelaku usaha melakukan aktivitas usahanya adalah untuk mendapatkan keuntungan, namun harus tetap mempertimbangkan kepentingan konsumen secara umum. Selain itu, penulis ingin mengetahui seberapa jauh peran pemerintah (dalam hal ini Dinas Kesehatan) dalam melakukan pengawasan terhadap promosi yang menyesatkan, sehingga merugikan konsumen. Produsen rokok ST tetap meyakini jika produknya dapat memberikan dampak kesehatan bagi konsumen. Penjelasan mengenai berbagai fakta yang telah dijelaskan tersebut, secara langsung dapat diartikan sebagai kurangnya kemampuan konsumen untuk memahami suatu produk, khususnya produk olahan tembakau yaitu rokok sehingga mengakibatkan konsumen berada pada posisi yang rentan ataupun lemah. Ketertarikan konsumen untuk mengkonsumsi suatu produk, terkadang hanya didasarkan atas label produk atau promosi yang dilihatnya saja, tanpa berpikir hal - hal lain terkait produk tersebut. Di lain sisi, pelaku usaha sebagai produsen barang dan/atau jasa wajib bertanggung jawab terhadap validasi informasi mengenai produk yang diperdagangkan pada konsumen. Untuk menunjang harkat dan martabat konsumen, diperlukan kesadaran, pengetahuan, kepedulian, kemampuan dan kemandirian konsumen untuk melindungi dirinya serta menumbuhkembangkan sikap pelaku usaha yang bertanggung jawab. Esensi dari peraturan tersebut adalah memberikan perlindungan bagi konsumen sekaligus bagi pelaku usaha secara proporsional, yang bertujuan guna menciptakan keadilan baik bagi konsumen maupun pelaku usaha. Kata Kunci: Perlindungan Konsumen, Produk Rokok, Konsumen, Promosi Menyesatkan, Kesehatan. Legal research on misleading promotion by Rokok ST producer was conducted because there are many business actors who produce, sell and advertise their products that does not match the benefits generated from using these products. Meanwhile, many cigarette consumers are still not aware of any misleading promotion conducted by business actors. Although the objective of business actors conducting these activities is to make profit, they still must pay attention to public concerns. Furthermore, the author wants to see the role of the government (in this case Dinas Kesehatan) in overseeing misleading promotions that harm consumers. Rokok ST producers still believe that their products can give an impact on consumers health. The explanation of the various facts stated above can directly interpreted as a lack of consumer’s ability to understand a product, especially processed tobacco products such as cigarette that resulting consumers in a weak position. Consumer’s interest to consuming a product, sometimes only based on labels or promotion of the product they see, without thinking about other things related to the product. Meanwhile, business actors as producers of goods and/or service are obliged to be responsible for validation of information regarding regulated products for consumers. To support the dignity and prestige of consumers, consumer’s awareness, knowledge, concern, ability and independence are needed to protect themselves and develop a responsible attitude on business actors. The essence of this regulation is to provide proportional protection for consumers and business actors, which aims to create justice for consumers and business actors.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Consumer Protection, Cigarette Products, Consumers, Misleading Promotions, Health
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Law
Depositing User: Jennifer Nathalie
Date Deposited: 09 Aug 2024 02:19
Last Modified: 09 Aug 2024 02:19
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/46836

Actions (login required)

View Item View Item