Studi Perilaku Wisatawan Berdasarkan Motivasi dan Nilai Budaya

Yapira, Evi and Saridewi, Feliyana (1998) Studi Perilaku Wisatawan Berdasarkan Motivasi dan Nilai Budaya. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/232588

Abstract

Industri pariwisata merupakan industri yang potensial dalam memberikan pemasukan devisa bagi negara. Kemajuan di bidang ini semakin pesat karena adanya kebutuhan berekreasi pada setiap individu sebagai akibat dari kegiatan rutin yang dilakukan. Pariwisata dalam hal ini merupakan kegiatan servis yang harus dapat memuaskan kebutuhan konsumen dari berbagai tipe perilaku dan kondisi yang berbeda-beda, untuk itu dituntut agar selalu aktif terhadap perubahan permintaan konsumen. Karena industri pariwisata merupakan sumber devisa yang sangat besar dan sebagai salah satu sektor penting bagi perekonomian juga perkembangan suatu negara, maka setiap negara berusaha untuk meningkatkan kunjungan wisatawannya dengan cara melakukan perbaikan pada elemen-elemen wisata yang terkait sehingga sesuai dengan permintaan konsumennya. Elemen-elemen wisata tersebut adalah akomodasi/tempat penginapan, transportasi, restoran/tempat makan, tourist objek, dan tourist atractions. Sehingga dalam melakukan perbaikan, elemen-elemen inilah yang harus diperhatikan. Untuk usaha peningkatan industri pariwisata ini, perlu diketahui karakteristik wisatawan yang datang dan juga kondisi pariwisata yang ada pada saat ini. Informasi yang diperoleh akan digunakan sebagai acuan dalam melakukan perbaikan dan menyusun strategi pemasaran pariwisata yang lebih baik. Dengan menggunakan metode analisa multivariate, dalam penelitian ini diperoleh informasi bahwa ada perbedaan antara wisatawan Indonesia (outbound) dengan wisatawan asing (inbound) dalam memberikan respon tingkat kepentingan fasilitas dan kriteria yang ada di suatu tempat wisata. Selain itu, akan diperoleh juga informasi tentang keberadaan fasilitas dan kriteria yang dianggap penting oleh wisatawan tersebut, baik berdasarkan motivasi maupun nilai budayanya (human value) sebagai faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku wisatawan. Hasil lain yang diperoleh dalam penelitian ini adalah informasi mengenai karakteristik wisatawan Indonesia dan wisatawan asing yang tentunya sangat mempengaruhi pengambilan keputusan berwisatanya.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 09 Sep 2013 07:27
Last Modified: 09 Sep 2013 07:27
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/4692

Actions (login required)

View Item View Item