Perancangan Sistem Informasi Manajemen dengan Menggunakan Sistem Local Area Network (LAN) di PT. WW

Widjojo, Robby and Megawati, Yuliana (1997) Perancangan Sistem Informasi Manajemen dengan Menggunakan Sistem Local Area Network (LAN) di PT. WW. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/232606

Abstract

PT. WW merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengiriman radio panggil berusaha untuk selalu meningkatkan mutu pelayanannya dalam hal pelayanan dan informasi yang dibutuhkan. Selain memperhatikan kepuasan konsumen, perusahaan juga memperhatikan kepuasan dari pegawainya. PT. WW juga mempunyai tujuan yang lain yaitu bagaimana dapat menjadi operator dengan customer base terbesar, meningkatkan revenue perusahaan (revenue terbesar adalah dari iuran pelanggan), mengurangi tum over pelanggan. Salah satu komponen terpenting dalam pelayanan kepada pelanggan adalah dalam hal kecepatan dalam pelayanan juga dalam hal informasi yang dibutuhkan, sehingga pelanggan tidak perlu menunggu dalam waktu yang cukup lama untuk pelayanan dan informasi yang diberikan oleh perusahaan. Dengan semakin bertambahnya pelanggan maka permasalahan mulai timbul, yaitu adanya kecurangan yang dilakukan oleh para sales sehingga perusahaan mengalami kerugian juga kepuasan dari pegawai yang lain terganggu, adanya keluhan dari pelanggan mengenai tagihan iuran (billing), ada pelanggan yang memperoleh surat tagihan lebih dari satu untuk periode yang sama, ada pelanggan yang memperoleh tagihan untuk jenis layanan yang berbeda dengan yang digunakannya, ada pula pelanggan yang tidak menerima surat tagihan, sehingga perusahaan mengalami kerugian. Selain adanya keluhan dan klaim dari pelanggan juga timbul kesalahan dalam pembuatan laporan dan juga terjadi adanya kesulitan dalam pelacakan pesawat pager. Masalah yang terjadi dalam hal tagihan ini bukan merupakan hal kecil yang dapat diabaikan begitu saja, karena hal ini akan berdampak terhadap kepuasan dan kepercayaan pelanggan kepada perusahaan. Meningkatnya jumlah pelanggan secara otomatis juga akan memperbanyak pengarsipan yang harus dilakukan oleh perusahaan. Dengan melihat permasalahan yang terjadi, maka perlu dilakukan perbaikan dan perancangan suatu sistem informasi yang baru. Tahapan perancangan ini dimulai tahap pertama yaitu dengan menganalisis sistem informasi yang ada, dengan melihat di bagian mana terdapat sistem yang tidak efisien, tahap kedua dilakukan perbaikan yang dilanjutkan dengan perancangan sistem informasi yang baru, tahap ketiga dilakukan analisis terhadap dokumen yang digunakan kemudian dilakukan perbaikan terhadap dokumen yang digunakan, tahap keempat dilakukan analisis terhadap struktur organisasi perusahaan kemudian dilakukan perbaikan, tahap kelima dilakukan analisis terhadap job description dari tiap-tiap jabatan kemudian dilakukan perbaikan. Setelah dilakukan perancangan sistem informasi yang baru, maka dirancang sistem informasi yang terkomputerisasi, yaitu dengan perancangan database dan diagram arus data. Dengan adanya perbaikan dan perancangan sistem informasi yang baru ini, maka masalah billing dapat diatasi, demikian juga pelacakan pager dapat lebih mudah dilakukan, kecurangan dari para sales dapat dikurangi, pencarian, pengolahan data yang cepat serta dapat dihasilkan suatu output yang tepat dan akurat.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 09 Sep 2013 07:36
Last Modified: 09 Sep 2013 07:36
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/4693

Actions (login required)

View Item View Item