Pelatihan Mindfulness untuk Meningkatkan Grit pada Guru

Martini, Sih (2024) Pelatihan Mindfulness untuk Meningkatkan Grit pada Guru. Journal on Education, 7 (1). pp. 2417-2426. ISSN 2655-1365; E-ISSN 2654-5497

[thumbnail of Jurnal Terbit Sih Martini.pdf] PDF
Jurnal Terbit Sih Martini.pdf

Download (366kB)
Official URL / DOI: https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/6625

Abstract

Guru sebagai ujung tombak proses pendidikan menghadapi berbagai tantangan dalam proses belajar mengajar selama pandemi hingga pasca pandemi Covid-19. Penyesuaian proses belajar mengajar dan perubahan kurikulum merupakan beberapa tantangan yang harus dihadapi oleh guru. Grit merupakan kemampuan untuk tekun dan konsisten dalam menghadapi berbagai tantangan. Grit terdiri dari dua dimensi, yaitu konsistensi pada minat (consistency of interest) dan ketekunan terhadap usaha (perseverance of effort). Grit diperlukan oleh guru untuk menjaga ketekunan terhadap usaha dan konsistensi minatnya dalam mengajar sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Mindfulness memiliki korelasi yang positif terhadap grit. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas pelatihan mindfulness untuk meningkatkan grit pada guru SMK Nasional Mojosari. Pelatihan Mindfulness diberikan kepada 15 guru di SMK Nasional Mojosari dalam bentuk aktivitas seperti pemberian materi, menyaksikan video, diskusi kelompok, sharing, metafora dan meditasi. Hasilnya pelatihan Mindfulness yang dilakukan menunjukkan adanya peningkatan Grit pada guru. Hal tersebut dilihat dari pengukuran melalui kuesioner yang diisi sebelum dan sesudah mendapat pelatihan. Hasil uji beda variabel Grit tampak bahwa angka signifikansi sebesar 0.000 (P > 0.05) dengan rata-rata pretest sebesar 31,00 mengalami kenaikan rata-rata posttest sebesar 34,53. Hal ini menunjukkan evaluasi variable grit setelah pelatihan lebih tinggi daripada sebelum pelatihan. Hasil uji beda menjelaskan bahwa ada perbedaan variabel Grit pada peserta sebelum dan sesudah diberikan pelatihan. Temuan ini mengindikasikan bahwa pelatihan Mindfulness efektif untuk meningkatkan Grit pada guru.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Grit, Guru, Mindfulness
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Sih Martini
Date Deposited: 16 Aug 2024 02:17
Last Modified: 16 Aug 2024 02:17
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/46938

Actions (login required)

View Item View Item