Gunawan, Agustinny and Suwano, Jenny (1995) Penyempurnaan Sistem pada Departemen Laudry dan Dry Cleaning di PT. New Grandpark Hotel dalam Kaitannya dengan Usaha Pembentukan Agen di Seluruh Surabaya. [Undergraduate thesis]
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Pelayanan merupakan inti dari perusahaan yang bergerak di bidang jasa. Berkembang atau tidaknya perusahaan jasa tersebut sangat ditentukan oleh kepuasan customer sebagai pengguna jasa. Untuk itu perusahaan harus mampu menampilkan untuk kerja yang memuaskan. Apalagi dengan semakin ketatnya tingkat persaingan yang terjadi dewasa ini, perbaikan sistem secara keseluruhan mutlak diperlukan. Untuk itu perbaikan dilakukan dengan memandang sistem laundry dan dry cleaning sebagai suatu sistem yang terdiri atas subsistem-subsistem yang saling menunjang. Dari perbaikan tersebut diharapkan bahwa kondisi yang optimal dapat diwujudkan. PT New Grand Park Hotel merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa, yang salah satunya menyangkut jasa laundry dan dry cleaning. Dalam usaha memperoleh sistem laundry dan dan dry cleaning yang optimal dilakukan sejumlah perbaikan. Perbaikan ini antara lain meliputi perbaikan pada kapasitas laundry yang tersedia. Ini disebabkan karena kapasitas produksi yang tersedia untuk jasa laundry sangatlah terbatas sehingga perlu dicari cara untuk mengatasi masalah tersebut. Pemecahan masalah dilakukan dengan mengoperasikan kedua mesin Flat Work Ironer secara bersamaan sehingga production rate dapat ditingkatkan dari 875 unit/hari menjadi 1250 unit/hari dan harga pokok produksi dapat diturunkan dari Rp. 469,70/unit menjadi Rp. 431,92/unit. Selain itu sistem informasi yang ada dinilai masih kurang baik sehingga dirancang sistem informasi baru. Pada sistem informasi baru ini dilakukan struktur organisasi, penerbitan diskripsi pekerjaan serta penyederhanaan prosedur kerja. Dengan demikian dapat diperoleh sistem informasi yang lebih baik yang dapat menunjang pihak manajemen dalam mengambil keputusan yang tepat. Berkaitan dengan rencana pihak perusahaan untuk melakukan ekspansi dengan membuka agen-agen baru, maka dilakukan perhitungan mengenai besarnya investasi yang dibutuhkan untuk merealisasikan rencana tersebut. Dengan pembukaan agen-agen baru tersebut, maka pelayanan kepada customer dapat lebih ditingkatkan dari kapasitas yang tersedia, terutama kapasitas dry cleaning dapat dimanfaatkan dengan lebih optimal. Pada tahap selanjutnya dilakukan pemilihan lokasi yang tepat untuk rencana tersebut dengan menggunakan metode Analitycal Hierarchy Process (AHP). Faktor-faktor yang dianggap berpengaruh terhadap keputusan yang diambil meliputi kriteria penduduk yang terbagi atas sub kriteria banyaknya rumah tangga dan tingkat kesejahteraan, kriteria lingkungan yang terbagi atas sub kriteria kategori kawasan dan jumlah telepon, serta kriteria pesaing yang terbagi atas sub kriteria jumlah dan level pesaing. Dengan melakukan perbaikan internal dan ekspansi ke luar tersebut, performace sistem laundry dan dry cleaning dapat lebih ditingkatkan.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 09 Sep 2013 08:33 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 08:33 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/4694 |
Actions (login required)
View Item |